Jika Cak Imin Tak Dipilih Jokowi, Langkah Ini yang Akan Dilakukan PKB

Jika Cak Imin Tak Dipilih Jokowi, Langkah Ini yang Akan Dilakukan PKB

Foto : Jokowi dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin)

Sipayo.com – Nama Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mulai digadang-gadang menjadi pendamping Joko Widodo (Jokowi) pada Pilpres 2019. Secara resmi, Cak Imin telah mendeklarasikan diri sebagai calon wakil presiden pada Rabu (14/03/2018). Namun hingga saat ini, Jokowi masih belum memutuskan siapa yang akan mendampingi dirinya sebagai petahana di Pilpres mendatang.

Terkait hal itu, Wakil Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa Jazilul Fawaid menanggapi jika kemungkinan Jokowi akan menolak Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sebagai cawapres. Menurut Jazilul, perjuangan tentunya akan tetap berjalan.

“Ya namanya berjuang, ya patah hati. Yang disebut Pak Muhaimin itu tentu merenunglah, mengapa? Tetapi perjuangan akan tetap jalan,” kata Jazilul di Gedung DPR, Jakarta, Rabu, 18 April 2018.

Jazilul menyadari, soal cawapres memang bergantung pada Jokowi. PKB hanya dalam posisi mengusulkan Cak Imin sebagai cawapres. Sehingga, kalau Jokowi tak memilih Cak Imin, mereka juga tak akan memaksa.

“Enggak ada itu (memaksa), PKB hanya menerima mandat dari ulama. Cak Imin menerima mandat dari kiai, dan setahu saya para kiai enggak suka maksa-maksa itu,” kata Jazilul.

Sebelumnya, Cak Imin mendeklarasikan posko Jokowi-Cak Imin di berbagai daerah. Cak Imin mengklaim mendapatkan mandat dari para kiai untuk menjadi cawapres Jokowi.