Penting! Ternyata Biji Jeruk Mempunyai Manfaat Hebat Untuk Kesehatan

Penting! Ternyata Biji Jeruk Mempunyai Manfaat Hebat Untuk Kesehatan

Foto : Buah Jeruk

Sipayo.com – Selama ini kita hanya tahu bahwa yang bisa dimanfaatkan dari jeruk ini hanya daging buahnya saja sedangkan biji nya sering kita buang. buah yang identik dengan Kandungan Vitamin C ini memang memiliki rasa yang manis dan masam segar sehingga banyak orang yang menggemarinya.

Namun, ternyata biji jeruk yang dianggap remeh ini tidak kalah berkhasiat, karena di dalam biji buah jeruk juga mengandung beberapa senyawa alami yang baik untuk tubuh.

Berikut inilah beberapa manfaat dari biji jeruk :

1. Antioksidan hebat

Biji jeruk mengandung antioksidan hebat yang membuat tubuh seseorang segar dan terhidrasi. Asupan antioksidan di pagi hari diketahui bisa meningkatkan metabolisme dan membuat seseorang lebih berenergi. Saat membuat jus jeruk segar, Anda bisa turut mengolah bijinya untuk mendapat manfaat kesehatan ini.

2. Dijadikan esens

Minyak esensial yang diekstrak dari biji jeruk bisa dipakai sebagai esens atau perasa. Seperti untuk menambah kelezatan air, icing cake dan makanan lainnya. Manfaat lainnya minyak esensial biji jeruk bisa dituang ke air mandi untuk menciptakan aroma segar khas buah citrus.

3. Pembangkit energi

Mengonsumsi biji jeruk bisa menambah pasokan energi tubuh. Ini karena kandungan asam palmitat, oleat dan linoleat pada biji jeruk. Ketiganya memungkinkan penyimpanan energi lebih lama dalam sel tubuh manusia.

4. Perawatan rambut

Minyak esensial biji jeruk juga terkenal dengan manfaatnya sebagai kondisioner rambut. Kandungan vitamin C dan bio-flavonoid pada biji jeruk mampu meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala yang membuat rambut pada akhirnya lebih sehat. Selain itu, asam folat pada biji jeruk mampu mempercepat pertumbuhan rambut.

5. Bahan pembersih

Tak cuma manfaat kesehatan, biji jeruk juga bisa dijadikan bahan pembersih. Ambil minyaknya untuk membersihkan kotoran pada bahan logam atau yang sudah berkarat. Bonus lainnya, minyak ini tercium harum.