Percayalah Kepada Firman Tuhan

Percayalah Kepada Firman Tuhan

Foto : Kitab Suci

Sipayo.com – Cerita-cerita dongeng dengan mudah diterima sebagai kebenaran bila hal itu telah lama berada di antara kita. Misalkan saja laba-laba. Sekitar tahun 350 S.M, Aristoteles, filsuf Yunani, mengelompokan laba-laba sebagai serangga berkaki enam.

Sejak itu, selama 20 abad, orang mempercayai bahwa laba-laba berkaki enam. Lebih dari pada itu siapa yang mau menentang Aristoteles yang hebat itu.

Datanglah Lamarck, seorang ahli ilmu hayat dan pencinta alam. Ia menghitung dengan teliti kaki laba-laba. Tepatnya adalah Delapan. Cerita dongeng yang selama ini di ajarkan sebagai kebenaran untuk berabad-abad lamanya diruntuhkan karena Lamarck mau menghitungnya.

Masih banyak lagi contoh kepalsuan, baik dalam ilmu pengetahuan, politik dan lain sebagainya. Walaupun tidak semua kepalsuan tersebut bisa berakibat kritis, namun kepalsuan di bidang agama akan mengakibatkan hidup dan matinya Rohani seseorang atau dengan kata lain, kepalsuan yang di balut dengan agama akan membuat kita tidak bisa membedakan antara fakta dan fiksi.

Akan tetapi bagaimana kita mengetahui ajaran yang palsu dan yang benar? Bagaimana kita membedakan antara fakta-fakta antara ajaran yang nyata dengan ajaran yang fiksi ? Apakah yang menjadi Otoritas kita ? Dan apa yang menjadi tolak ukur kita? Tanpa di ragukan lagi hanya Allah sajalah sumber otoritas kita yang terakhir. Dan alkitab adalah sebagai catatan Firman-Nya. Didalamnya berisi kebenaran kekal yang tidak dapat berubah.

Dengan mempelajari firman Allah maka kepalsuan ajaran yang sudah di pecaya berabad-abad akan nyata. Karena pada saat ini banyak yang membuat bahwa aturan-aturan yang di buat gereja Gereja lebih tinggi dari pada aturan Tuhan, dan banyak jemat justru lebih memuji Pendetanya dari pada Yesus sendiri. Hendak lah kita jangan sampai terperosok dalam hal ini, marilah kita menjadi Umat yang dewasa dan mengerti Firman Tuhan dengan tepat dan benar.

Dalam 2 Timotius 3 : 16 Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.

Saya mendorong kita semua saudara yang terkasih supaya kita bisa lebih bertekun membaca Firma Tuhan dan merenungkannya agar Iman dan penegetian kita semakin bertumbuh, karena pertumbuhan iman kita tidaklah di ukur dari seberapa banyak kita mengikuti kegiatan-kegiatan gereja, ataupun status kita sebagai majelis gereja walaupun itu merupakan hal yang baik.

Saran saya bacalah Alkitab sebagai Firman Tuhan yang tertulis dan renungkanlah serta mohon Roh kudus meneranginya supaya Iman kita bertumbuh, agar kita tidak terjebak pada tradisi-tradisi lama kita dan kita mempunyai pandangan yang baru dalam mengenal Tuhan.

Jika saudara mempunyai pertanyaan ataupun beban ataupun suatu pergumulan dan butuh di topangan dalam Doa. Sauadara bisa berbagi pergumulan dengan kami. Dan dengan senang hati kami akan mendoakan saudara sekalian HP/ WA. 0812-6487-4950.

Terimakasih Tuhan Yesus Memberkati.

Penulis : Surya Nata.
Pekerjaan : Kordinator Kerohanian Universitas Quality dan Universitas Quality Berastagi