Sumut dan Aceh Resmi jadi Tuan Rumah PON Tahun 2024

Sumut dan Aceh Resmi jadi Tuan Rumah PON Tahun 2024

Foto: Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) 

Sipayo.com – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat menetapkan provinsi Aceh dan Sumatra Utara (Sumut) sebagai tuan rumah bersama Pekan Olahraga Nasional (PON) ke 21 pada 2024 mendatang.

Kepastian itu usai mendapatkan suara terbanyak dari hasil voting Musyawarah Olahraga Nasional Luar Biasa (Musornaslub) KONI Pusat di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (24/4/2018).

Melalui pemungutan suara dari 32 provinsi yang ada di Indonesia, Sumut dan Aceh mendapatkan 24 suara. Adapun dua calon tuan rumah lainnya yakni Bali-Nusa Tenggara Barat dan Kalimantan Selatan masing-masing hanya mengumpulkan 8 dan 2 suara.

“Saya ucapkan selamat untuk kedua provinsi yang menjadi tuan rumah PON 2024,” ujar Pimpinan Sidang Musornaslub KONI, K Inugroho.

Terpilihnya Sumut dan Aceh sebagai tuan rumah bersama merupakan pertama kalinya dalam sejarah penyelenggaraan PON. Wakil Gubernur Sumatra Utara, Nurhajizah Marpaung, mengaku sudah bekerja sama dengan Provinsi Aceh untuk membicarakan pembagian venue perlombaan.

“Jauh sebelum pengajuan, kami sudah bekerja sama. Salah satu poinnya yakni kami telah membagi masing-masing 28 cabor yang akan diadakan di Aceh dan Sumut,” ujar Nurhajizah.

Dalam waktu dekat, baik pemerintah Sumut dan Aceh akan melakukan koordinasi untuk mempersiapkan pusat olahraga yang dibangun di kedua provinsi.