Alamak! Kondisi Mantan Kombatan GAM Sakit dalam Kemiskinan Viral di Media Sosial

Alamak! Kondisi Mantan Kombatan GAM Sakit dalam Kemiskinan Viral di Media Sosial

Rumah mantan Zakaria alias Mayor, mantan kombatan GAM warga Geulumpang Payong, Kecamatan Sungai Raya, Aceh Timur. (Facebook.com)

Sipayo.com – Sejumlah foto yang memperlihatkan masa lalu dan kondisi terkini seorang mantan kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM), beredar luas (viral) di media sosial.

Pada Selasa (1/5/2018) kemarin, ada beberapa akun yang membagikan foto-foto tersebut, tertulis bahwa orang yang berada dalam foto itu adalah, Zakaria alias Mayor (49 thn).

Ia merupakan mantan kombatan GAM warga Geulumpang Payong, Kecamatan Sungai Raya, Aceh Timur.

Pada foto-foto yang banyak dibagikan di Facebook dan Whatsapp terlihat sosok Mayor saat masih berseragam militer lengkap dengan senjata M-16.

Satu foto lain memperlihatkan Mayor yang memakai pakaian sipil menenteng senjata Avtomat Kalashnikova (AK-47) dengan tangan kiri memegang handy talky.

Foto-foto masa lalu saat Mayor berstatus sebagai gerilyawan GAM itu, sangat kontras dengan foto-foto kondisi terkini yang juga diunggap pada saat bersamaan.

Tubuh Mayor yang dulu tegap dan sixpack dalam balutan seragam loreng lengkap dengan atribut militer, kini telah berubah ringkih.

Tulang-tulang yang terbungkus kulit tampak menonjol di leher, dada, hingga kaki.

Beragam komentar pun menyertai foto-foto yang diunggah di beberapa akun Facebook itu.

“Empat Tahun Sakit Mantan Kombatan Gam ini Luput Perhatian,” tulis pemilik akun Rizal Anwar yang menandai beberapa mantan petinggi GAM dalam postingannya, seperti Irwandi Yusuf (Gubernur Aceh) dan Samsul Bahri Pna (Ketua Harian Partai Nanggroe Aceh).

Postingan pada tanggal 29 April pukul 17:56 itu mendapatkan 439 respons dari warganet, 103 komentar, dan 322 kali dibagikan.

Postingan tentang kondisi Zakaria alias Mayor ini juga diunggah oleh Anggota DPRA dari Partai Aceh, Iskandar Usman Alfarlaky pada, Senin (30/4/2018) pukul 0:11 WIB.

Dalam postingan yang diberi judul “MAYOR” Iskandar Usman menulis:

“Alhamdulillah barusan sdr Yusri dkk, tim yang saya utus telah tiba di rumah Bang Zakaria alias Mayor (49 thn), mantan kombatan GAM warga Geulumpang Payong, Kecamatan Sungai Raya, Aceh Timur, yang dikabarkan menderita bocor paru-paru.

Saya meminta kepada tim saya untuk segera membawa Mayor ke RSUZA Banda Aceh. Insya Allah jika tidak ada aral melintang, besok Bang Mayor didampingi isteri akan menuju ke Banda Aceh.

Saya sendiri akan menunggu kedatangan beliau untuk segera kami bawa ke RSUZA guna mendapat perawatan medis. Trima kasih kepada rekan semua. Salam.”

Postingan Iskandar ini mendapatkan 1,3 respons, 444 komentar dan 244 kali dibagikan.

Namun, pada Selasa (1/5/2018) pukul 00.02 WIB, Iskandar Usman mengupdate tentang penanganan Zakaria alias Mayor.

Menurutnya, setelah timnya membawa Mayor ke Puskesmas Sungai Raya, untuk keperluan mendaparkan rujukan ke RSU Langsa hingga RSUDZA Banda Aceh, ternyata diperoleh informasi bahwa Mayor memang sedang dalam perawatan medis, dengan diagnosa TB Paru dan sudah melakukan foto rotgen.

Karenanya, kata Iskandar, untuk sementara waktu, Mayor tetap menjalani berobat jalan dengan mengkonsumsi obat TB Paru selama 6 bulan.

“Nah, bila ke depan memang dibutuhkan harus dirujuk ke RSUZA juga akan kami fasilitasi. Padahal berkenaan keperluan ini saya mulai tadi malam,” tulis Iskandar.

Berikut bunyi postingan lengkap Iskandar Usman Alfarlaky.

UPDATE MAYOR

Tadi pagi saya sudah intruksikan ke tim di lapangan untuk membawa Bang Zakaria alias Mayor (49 thn), mantan kombatan GAM, warga Geulumpang Payong, Kecamatan Sungai Raya, Aceh Timur, yang dikabarkan menderita bocor paru-paru ke Puskesmas Sungai Raya untuk keperluan rujukan dan RSU Langsa.

Namun, dari keterangan para medis disana, bahwa Bang Mayor memang sedang dalam perawatan jalan dengan diagnosa TB Paru dan sudah melakukan foto rotgen.

Obat yang dianjurkan medis untuk diminum bagi Bg Mayor adalah obat paru dan harus diminum secara terus menerus selama kurun waktu 6 bulan. Saat beliau baru mengkonsumsinya selama 1 bulan. Saya juga sudah berkomunikasi langsung dengan para medis yang menangani Bg Mayor di RSU Langsa tadi pagi.

Selama mengkonsumsi obat paru, efek bagi si pasien memang kondisinya lemas. Maka dibutuhkan asupan makanan yang berprotein dan bergizi. Untuk hal ini saya juga sudah berkomunikasi dengan Kepala Puskesmas Sungai Raya agar mengirimkan ahli gizi. Hal ini penting untuk mengetahui asupan makanan yang tepat untuk Bg Mayor. Perihal kebutuhan asupan ini sendiri akan kita tanggulangi. Kepada teman-teman yang berkenan membantu juga sangat diharapkan oleh keluarga Bg Mayor

Jadi, untuk sementara waktu, Bg Mayor menjalani perawatan berobat jalan dengan mengkonsumsi obat TB Paru selama 6 bulan. Nah, bila kedepan memang dibutuhkan harus dirujuk ke RSUZA juga akan kami fasilitasi. Padahal berkenaan keperluan ini saya mulai tadi malam.

Pada Selasa (1/5/2017) pukul 17.16 WIB, Iskandar Usman kembali mengupdate kondisi terkini Zakaria alias Mayor.

UPDATE MAYOR 2

Alhamdulillah jam 10.00 WIB tadi pagi, saya dan rombongan tiba di kediamanan Bang Zakaria alias Mayor, mantan kombatan GAM langsung dari Banda Aceh untuk menjenguk langsung serta mengantarkan langsung bantuan untuk asupan gizi bagi penyembuhan Bang Mayor yang menderita TB Paru.

Saya juga berdiskusi panjang lebar dengan Bang Mayor, yang pernah tinggal di kamp 131 Sagoe Sungai Raya, Aceh Timur, saat konflik mendera Aceh dulu.

Kepada Bang Mayor juga saya minta foto kopi KK dan KTP untuk memperjuangkan usulan pembangunan rumah.

Sementara untuk kebutuhan buah- buahan dan makanan lainnya kami juga menitipkan sumbangan untuk kebutuhan dimaksud.

Anggota DPRA, Iskandar Usman Alfarlaky mengunjungi Zakaria alias Mayor, mantan kombatan GAM di Geulumpang Payong, Kecamatan Sungai Raya, Aceh Timur, Selasa (1/5/2018). (IST)

Mantan kombatan GAM, Zakaria alias Mayor

(Sumber: Tribun)