Bagaimana Keadaan Ahok yang Ditahan di Mako Brimob yang Semalam Rusuh?

Bagaimana Keadaan Ahok yang Ditahan di Mako Brimob yang Semalam Rusuh?

Foto: Ahok

Sipayo.com – Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok telah menjadi tahanan Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, sejak setahun yang lalu.

Mantan suami Veronica Tan itu, ditahan atas kasus penistaan agama yang menjeratnya. Ia divonis dua tahun atas kasus penistaan agama sejak Mei 2017.

Seperti yang diketahui, terjadi kerusuhan di Mako Brimob, Selasa (8/5/2018) malam.

Hal tersbeut dibenarkan oleh Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen M Iqbal.

“Betul ada insiden dan sekarang sedang ditangani oleh Brimob dan kepolisian setempat,” ujar Iqbal melalui pesan singkat, Selasa (8/5/2018).

Penyebab kejadian kerusuhan ini diduga ada tahanan yang membuat keributan dengan beberapa petugas.

“Ada dugaan tahanan ribut dengan beberapa petugas,” ujar Iqbal saat ditemui di depan Mako Brimob Kelapa Dua, Rabu (9/5/2018).

Namun, saat ini belum ada penjelasan merinci terkait kronologi kejadian tersebut. Sempat beredar kabar yang menyatakan tahanan yang membuat keributan berasal dari blok tahanan khusus napi terorisme.

Saat ini belum ada penjelasan terkait hal tersebut. Iqbal hanya menjelaskan ada sejumlah orang yang terluka akibat kejadian tersebut.

“Maaf kmi tidak bisa terlalu detail terjadinya kapan, berapa orang yang luka dan lain-lain,” kata Iqbal.

Beberapa petugas terluka dalam peristiwa ini. Namun, belum diketahui secara pasti jumlah orang yang terluka dan apakah ada yang luka dari pihak tahanan.

Diketahui, dari insiden itu Mako Brimob dijaga ketat. Sejumlah personel Brimob menggunakan laras panjang lengkap dengan rompi dan pelindung kepala berjaga-jaga di depan Mako Brimob, Selasa (8/5/2018) malam.

Awak media juga diminta untuk bergeser menjauhi lokasi karena tengah dilakukan sterilisasi area. Mako Brimob juga tidak bisa dimasuki oleh awak media dan dilarang menggambil gambar.

Penjagaan di Jalan Akses UI, tepatnya di depan Mako Brimob dijaga ketat oleh polisi. Sejumlah mobil yang diparkirkan di sekitar halaman Mako Brimob juga diminta untuk segera dipindahkan. Beberapa kali terlihat kendaraan Polri masuk ke dalam Mako Brimob.

Lalu, bagaimana dengan Ahok yang berada di dalam Mako Brimob?

Saat ini belum ada keterangan terkait dengan hal tersebut. Namun yang pasti, Ahok menempati rutan tersebut sejak Rabu (10/5/2017).

“Rutan Ahok ada di lantai 1. Ukuran ruangan 2×3 (meter) untuk satu orang aja, tidak pakai kasur, hanya beralas saja dan kamar mandi di dalam,” ujar Kabag Ops Korps Brimob Kombes Pol Waris Agono, Kamis (18/5/2017).