Djarot: Pembangunan Irigasi Sangat Penting Mendorong Sumut jadi Lumbung Pangan

Djarot: Pembangunan Irigasi Sangat Penting Mendorong Sumut jadi Lumbung Pangan

Sipayo.com– Salah satu hal yang menjadi target Sumatera Utara kedepannya adalah menjadi salah satu lumbung pangan nasional. Hal ini sangat diperlukan demi mewujudkan program pemerintah Jokowi yang ingin menjadikan Indonesia berdaulat dalam bidang pangan kedepannya. Salah satu bentuk perwujudkan hal tersebut dengan begitu masifnya pembanguan sejumlah bendung irigasi untuk mengairi ribuan hektar persawahan di Kabupaten Langkat.

Untuk hal itu, Djarot mengungkapkan bahwa salah satu hal terpenting untuk bisa menjadikan Sumatera Utara menjadi lumbung pangan adalah dengan memastikan bahwa kebutuhan air untuk sawah para petani bisa dipenuhi dengan baik.

“Oleh karena itu, kita perlu siapkan adalah bendungan air yang bisa menjadi saluran irigasi yang akan mengairi persawahan warga sepanjang tahun,” ujar Djarot saat ikut mendampingi anggoti DPR RI Nursyirwan Soejono meninjau lokasi proyek bendung Sei Wampu, di Desa Pantai Gemi, Stabat, Jumat (4/5/2018).

Namun demikian, Djarot mengungkapkan bahwa pemerintah khususnya pemerintah daerah juga harus menyiapkan sejumlah aturan agar lahan-lahan persawahan warga tidak beralih fungsi.

“Harus betul betul proteksi. Jangan sampai lahan persawahan beralih fungsi menjadi perkebunan. Kalau sampai seperti itu maka kita akan sulit mewujudkan targer swasembada pangan,” ujar mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Selain menyiapkan infrastuktur seperti saluran irigrasi, Djarot juga mengatakan bahwa hal lain yang harus menjadi perhatian adalah jaminan harga hasil pertanian. Menurut Djarot selama ini petani kerap dirugikan karena harga kerap jatuh disaat musim panen tiba. “Sehingga harus ada jaminan harga dari pasar sehingga mereka selalu bersedia untuk kembali menanam,” terangnya.

“Oleh karena itu pemerintah harus berani membeli hasil panen warga. Kita yang menjamin harga pertanian warga, kalau perlu kita subsidi. Dengan seperti itu maka kita bisa mengendalikan harga pasar,” tambahnya.

Tak hanya itu, Djarot juga memuji keberanian dari Presiden Jokowi untuk mencetak banyak bendungan dan lahan pertanian dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan. “Jadi dia tidak ngomong aja. Kerja betul beliau,” tutup Djarot.