Kasihan! Wali Kota Berusia 75 Tahun di Yunani Ini Babak Belur Dikeroyok Massa, Ini Penyebabnya

Kasihan! Wali Kota Berusia 75 Tahun di Yunani Ini Babak Belur Dikeroyok Massa, Ini Penyebabnya

Foto: Walikota Thessaloniki Yunani, Yiannis Boutaris Dipukuli Massa 

Sipayo.com – Yiannis Boutaris, Wali Kota Thessaloniki di Yunani, dihajar hingga babak belur oleh massa. Karena kejadian tersebut, Yiannis Boutaris terpaksa segera dilarikan ke rumah sakit.

Diketahui pria 75 tahun itu mendapat tindakan kekerasan saat menghadiri peringatan pembantaian warga Yunani oleh Kekaisaran Ottoman pada akhir Perang Dunia I.

“Mereka memukuli saya. Saya ditendang dan dipukuli,” sebut Boutaris seperti dikutip dari AFP, Senin (21/5/2018).

“Ini adalah tindakan keji, tapi saya baik-baik saja,” sambung dia.

Walikota Thessaloniki, Yunani, Yiannis Boutaris

Kepolisian di kota kedua terbesar di Yunani itu menyatakan, bahwa mereka telah menahan dua orang yang diduga sebagai otak penyerangan kepada Yiannis Boutaris.

Perdana Menteri Yunani, Alexis Tsipras, mengaku geram akan kejadian tersebut. Dia menuduh gerombolan kriminal sayap kanan sebagai pelakunya.

Namun ada juga yang senang atas kejadian yang menimpa Boutaris. Misalnya oleh pendiri gerakan Neo-Nazi Yunani atau yang lebih dikenal dengan Partai Golden Dawn, Ourania Michaloliakou. Menurutnya, Boutaris pantas mendapat hal tersebut karena ia telah menunjukkan sikap anti-Yunani.

Boutaris dikenal sebagai politikus kontroversial di Yunani. Beberapa komentarnya mengundang perdebatan besar.

Salah satunya adalah ketika dia menyebut pendiri Turki modern, Kemal Atartuk, pemimpin besar. Ataruk sendiri adalah salah satu sosok dunia yang paling dibenci di Yunani.