PLN Sumut Berupaya Tak Akan Ada Pemadaman Listrik Selama Bulan Puasa

PLN Sumut Berupaya Tak Akan Ada Pemadaman Listrik Selama Bulan Puasa

Foto: Ilustrasi

Sipayo.com – PT PLN memastikan tidak akan ada pemadaman listrik di Sumatera Utara selama musim Ramadan yang akan tiba beberapa hari mendatang. Ketiadaan pemadaman seiring dengan akan terpenuhinya pasokan listrik di Sumut menyiapkan cadangan hingga 209 MW Setiap hari untuk meminimalkan pemadaman.

Hal itu dinyatakan oleh Manajer PLN Area Pengatur Distribusi Sumut, Aulia Mahdi. Ia memaparkan bahwa kemungkinan adanya pemadaman sangat kecil, kecuali ada gangguan yang sangat fatal atau perbaikan yang tingkat urgensinya tinggi.

“Itu pun akan kita minimalisir pemadaman hanya maksimal 3 jam saja dan akan kita lakukan di luar jam seperti buka puasa, waktu salat, tarawih, sahur, enggak akan akan di jam itu. Di luar itu, akan kita usahakan agar tidak ada pemadaman,” tutur Aulia di Medan, Kamis (3/5).

Manager PLN Area Medan, Agus Tri Susanto, mengatakan diupayakan tidak ada pemadaman di area Medan. Bila terpaksa dilakukan pemadaman, area terdampak dan waktunya akan diminimalkan.

“Jika mungkin yang lalu kita ada melakukan pemadaman lebih dari 5 jam, namun mulai sekarang kita akan membatasi hanya maksimal 3 jam saja. Kemudian yang terkena pemadaman mungkin hanya sedikit, tidak semua. Dan itu juga tidak akan dilakukan pada hari H-5 dan H+5 lebaran,” ujar Agus.

Agus menjelaskan, anggapan negatif masyarakat selama ini bahwaw pemadaman sengaja dilakukan PLN tidak lah benar. “Analoginya seperti ini, kita kan jualan, kalau kita tutup sampai berjam-jam, yang rugi siapa? Lah, kita,” jelas Agus.

Ia menjelaskan bahwa pemadaman yang dilakukan PLN hanya ada 2 jenis. Yang pertama terencana, seperti pemadaman yang dilakukan karena adanya pemeliharaan atau perbaikan, dan yang kedua adalah tidak terencana karena ada gangguan seperti sambaran petir dan sebagainya.

Hingga saat ini PLN Wilayah Sumut sudah dapat melakukan Pekerjaan Dalam Kondisi Bertegangan (PDKB) yang memungkinkan pemeliharaan dapat dilakukan tanpa adanya pemadaman.

Namun Agus menjelaskan bajwa PDKB hanya bisa dilakukan di beberapa titik wilayah Sumut seperti Medan, Siantar, Lubuk Pakam, dan Binjai, karena masih minimnya jumlah personil.