Rutan Mako Brimob Rusuh, Keadaan Ahok Ternyata Baik-baik Saja

Rutan Mako Brimob Rusuh, Keadaan Ahok Ternyata Baik-baik Saja

Foto: Basuki Tjahaja Purnama

Sipayo.com – Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama yang kerap dipanggil Ahok yang telah dikurung setahun yang lalu di rutan Mako Brimob Kelapa Dua, masih kondisi aman.

Sejauh ini, sejumlah blok di rutan itu dikuasai narapidana kasus terorisme, seiring kerusuhan yang terjadi pada Selasa malam.

“[Ahok] masih aman. Bukan [di blok yang dikuasai napi teroris]” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Mohammad Iqbal, Kamis (10/5).

Napi teroris sejauh ini masih menguasai tiga dari enam blok di Rutan Mako Brimob yakni Blok A, Blok B dan Blok C. Selain melakukan perlawanan terhadap aparat kepolisian, mereka diketahui juga membawa senjata api.

Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Setyo Wasisto, menyebut sekitar 160 tahanan di sana, tetapi yang melakukan perlawanan sekitar 40 orang. “Ada enam blok, tiga yang dikuasai,” ucapnya.

Sementara tiga blok lain berada di zona yang tak bisa diakses para tahanan dan juga anggota Polri karena rawan memicu konflik. Salah satu tahanan di blok tersebut adalah Ahok. “Pak Ahok di blok lain, moga-moga baik-baik saja,” ujar Setyo.

Hingga kini polisi masih melakukan negosiasi dengan napi. Upaya ini untuk mengedepankan nyawa manusia dalam menangani kasus tersebut.