Sasar Pemilih Pemula, KPU Karo Gelar Sosialisasi Pilgubsu ke Sekolah

Sasar Pemilih Pemula, KPU Karo Gelar Sosialisasi Pilgubsu ke Sekolah

KPU Karo Gelar Sosialisasi Pilgubsu ke Sekolah SMA (Foto: dok. Istimewa)

Sipayo.com – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten karo semakin aktif melakukan sosialisasi terhadap pemilih pemula yang masih duduk di bangku sekolah SMA, agar nantinya bisa menentukan hak pilihnya dalam rangka pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara, yang diadakan pada Rabu 27 Juni mendatang.

Adapun sekolah-sekolah yang di sosialisikan KPUD tersebut, yang bertajuk “Goes to School” di SMAN I Kabanjahe, SMAN 2 Kabanjahe, SMAN I Berastagi dan SMAN I Tigapanah yang dihadiri Ketua KPUD, Benyamin Pinem.

“Tujuannya, agar bagaimana para pemilih pemula ini bisa menggunakan hak pilihnya, dengan memberikan pengetahuan tentang syarat untuk menjadi pemilih dan apa yang harus dilakukan ketika mereka terdaftar dalam daftar pemilih” Kata Benyamin Pinem, selaku Ketua KPUD.

Bukan hanya itu, sosialisasi ini juga untuk meningkatkan partisipasi pemilih dan meningkatkan kecerdasan pemilih. Sebab pemilih pemula sangat rawan terprovokasi oleh oknum untuk menjadi golput. Tentunya, sosialisasi bukan saja di pemilih pemula tapi ke seluruh elemen masyarakat dengan tujuan menyukseskan pelaksanaan pilgubsu 2018 ini.

Dia berharap, seluruh pemilih pemula di Kabupaten Karo agar menggunakan hak pilihnya pada Rabu 27 Juni mendatang. Ia juga meminta agar warga memastikan dirinya telah terdaftar sebagai pemilih. Dan bagi yang belum terdaftar agar melaporkan ke petugas PPS atau PPK di wilayah tempat tinggal masing-masing.

“Jadi, bagi adik-adik yang telah berumur 17 tahun ke atas dapat menggunakan hak pilihnya untuk datang ke TPS pada 27 Juni mendatang untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut 2018” lanjutnya.

Sementara Kepala SMAN 2 Kabanjahe, Bastaria Sinulingga mengapresiasi kegiatan positif yang dilakukan pihak KPUD Karo dengan memberikan penjelasan terhadap pemilih pemula yang tentunya masih buta akan arti pemilihan kepala daerah.

“Oleh karena itu, dengan kehadiran pihak KPU, PPK dan PPS dalam memberikan penjelasan kepada anak-anak pelajar kami. Tentunya menjadi langkah awal yang baik mengenai pemilihan umum” Ujarnya.

Tentunya sosialisasi ini menambah ilmu atau pengetahuan bagi pemilih pemula dalam hal pemilihan. Bagaimana cara memilih pemimpin dan agar tidak golput. Karena satu suara sangat berarti bagi negara kita.

Pantauan wartawan, kegiatan tersebut diwarnai dengan pembagian hadiah bagi pelajar yang bisa menjawab pertanyaan Komisioner KPUD. Antusias pelajar dalam mengikuti sosialisasi dan pendidikan pemilih pemula berlomba-lomba menjawab pertanyaan yang diberikan.