Djarot: Nilai Pancasila Harus Ditanamkan Kepada Seluruh Warga Bangsa Indonesia

Djarot: Nilai Pancasila Harus Ditanamkan Kepada Seluruh Warga Bangsa Indonesia

Foto: Djarot Saat Berkunjung ke Deliserdang

Sipayo.com – 1 Juni merupakan hari yang bersejarah bagi rakyat Indonesia, karena ditanggal tersebut merupakan hari lahir Pancasila. Oleh karena itu, menurut Djarot dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila ke 73, Pancasila harus hidup dalam dada dan jiwa segenap rakyat Indonesia.

“Oleh karena itu, tindakan dan perilaku kita itu harus mencerminkan aplikasi dari nilai-nilai Pancasila,” ujar Djarot kepada wartawan id saat ditanya terkait hari lahir Pancasila, Rabu (1/6/2018) di Desa Durin Tonggal.

Menurut Djarot, Pancasila adalah sebuah ideologi yang sangat dinamis yang harus diperjuangkan agar cita-cita dari Pancasila bisa terwujud. “Yang mana dari sila pertama yang mengatakan Ketuhanan Yang Maha Esa sampai dengan sila ke-5 yang bercita cita mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” ujarnya.

Djarot juga mengungkapkan bahwa nilai nilai Pancasila harus selalu ditanamkan kepada seluruh warga bangsa. “Yang paling efektif adalah kalau nilai nilai Pancasila itu dilaksanakan oleh para pemimpin,” lanjutnya.

“Karena pelaksanaan Pancasila membutuhkan keteladanan dan contoh contoh konkret yang salah satunya adalah semangat gotong royong,” ujar Djarot.

Salah satu contoh gotong royong itu menurut Djarot adalah seperti membuka kolam pancing yang dikunjungi olehnya untuk memancing. Dengan membuka kolam pancing sudah membuka lapangan pekerjaan. Dan yang memancing disini berasal dari berbagai macam latar belakang.

“Kita tahu yang memancing disini berbeda agama, berbeda suku, dan semua saling bertoleransi disini,” ujarnya.

“Ini aplikasi Pancasila sebenarnya kalau nilai Pancasila itu dilaksanakan dengan sungguh-sungguh,” ujarnya.

Tak hanya itu, Djarot juga mengatakan bahwa dengan membantu sesama kita ataupun orang terdekat kita juga merupakan salah satu bentuk pengamalan dari nilai-nilai Pancasila. “Oleh karena itu Pancasila harus hidup di segenap jiwa kita,” ujarnya.

Tak hanya itu, Djarot juga mengajak seluruh rakyat Indonesia khususnya rakyat Sumatera Utara untuk berterima kasih kepada Bung Karno dan para founding Father kita karena telah melahirkan Pancasila sebagai pedoman kita untuk berbangsa dan bernegara.