Ini 2 Opsi yang Disiapkan Basarnas untuk Angkat KM Sinar Bangun

Ini 2 Opsi yang Disiapkan Basarnas untuk Angkat KM Sinar Bangun

Sipayo.com – Keberadaan Kapal Motor (KM) Sinar Bangun yang tenggelam di Danau Toba beberapa waktu yang lalu, akhirnya berhasil ditemukan.

Penemuan KM Sinar Bangun di dasar Danau Toba disampaikan oleh Kepala Kantor SAR Medan Budiawan. Menurutnya, penemuan tersebut merupakan bagian dari bantuan alat Remotely Operated Vehicle (ROV) atau robot dalam air.

Meski telah ditemukan, Budiawan dan pihaknya masih menyiapkan opsi untuk mengangkat bangkai kapal ke permukaan. Hingga saat ini terdapat 2 opsi yang disiapkan untuk membantu proses evakuasi objek penemuan.

“Itu menjadi bahan rapat kami hari ini. Kami sudah menemukan target, tapi kami masih mencari cara untuk mengangkat obyek yang ditemukan. Ada dua opsi yang disiapkan,” ujar Kepala Kantor SAR Medan Budiawan pada Jumat, 29 Juni 2018.

Budiawan menjelaskan, opsi pertama yang mungkin diambil adalah mengangkat kapal meski memakan waktu. Kedua, tetap membiarkan kapal dan merelakan jasad para korban tetap di dalam Danau Toba. Jika opsi kedua yang diambil, akan dilakukan tabur bunga untuk mendoakan korban.

Ia menjelaskan, opsi kedua itu muncul setelah mempertimbangkan berbagai hal. Salah satunya kondisi medan. Danau Toba mempunyai kedalaman sangat tinggi, sehingga keselamatan personel harus diperhatikan.

“Kami harus pikir matang-matang soal keselamatan, bagaimana kami menolong obyek ini. Nantinya opsi ini akan dirundingkan dengan Basarnas, pemkab, dan keluarga korban,” kata Budiawan.