Jokowi Resmikan Terminal Baru Bandara Semarang, Ini Fasilitasnya

Jokowi Resmikan Terminal Baru Bandara Semarang, Ini Fasilitasnya

Foto: Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang

Sipayo.com – Kota Semarang akan memiliki bandara internasional dengan fasilitas terbaru. Terminal di Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang dibangun kembali dengan fasilitas yang lebih memadai.

Presiden Joko Widodo hari ini meresmikan terminal baru Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang. Apa saja fasilitas terminal yang 9 kali lebih besar dari terminal lama itu?

Luas terminal baru tersebut yaitu 58.652 m2 dengan kapasitas 6,9 juta penumpang/tahun. Luas apron yaitu 72.522 m2 dengan 12 parking stand. Untuk area parkir, bisa menampung 1.200 kendaraan dengan total luas 43.633 m2.

Jika sebelumnya di terminal lama para penumpang berdesakan, kini sudah sangat lega dengan public hall yang luas. Check in pun bisa leluasa karena ada 30 check in counter dan juga 4 visa on arrival counter.

Gedung terminal baru terdiri dari 3 lantai yaitu lantai bawah, lantai atas, dan lantai mezzanine. Disiapkan juga fasilitas 2 travelator, 8 eskalator, dan 8 elevator.

Teminal bandara Ahmad Yani Semarang kini juga sudah dilengkapi 3 garbarata untuk memudahkan penumpang keluar masuk pesawat.

Fasilitas umum lainnya yaitu ada toilet bersih yang disiapkan di 11 titik. Tidak ketinggalan ada juga musala, ruang menyusui, serta counter ATM di beberapa lokasi.

Desain bandara baru Ahmad Yani Semarang secara keseluruhan mengadopsi konsep eco-airport karena sebagian bangunan berdiri di atas air. Maka tidak heran jika banyak hiasan atau taman dengan konsep kolam yang asri di bandara ini.

Terminal baru Bandara Ahmad Yani Semarang sudah mulai beroperasi sejak hari Rabu (6/7) kemarin. Seluruh aktifitas di terminal lama pindah total ke lokasi baru.

Untuk akses ke terminal baru, maka dari terminal lama di trafic light Kalibanteng belok kiri melewati jalan Arteri Yos Sudarso. Setelah traffic light kedua, maka belok kiri lagi dan jalan lurus maka akan tiba di terminal baru.

“Pada momen mudik Lebaran tahun ini, masyarakat sudah bisa menikmati fasilitas serba modern dan mutakhir di terminal baru. Luas terminal ini hampir 9 kali lipat dari terminal lama,” kata Dirut Angkasa Pura 1, Faik Fahmi di Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang.