Mahasiswa Karo Gelar Bakti Sosial dan Buka Puasa Bersama Sambut HUT Kota Medan

Mahasiswa Karo Gelar Bakti Sosial dan Buka Puasa Bersama Sambut HUT Kota Medan

Sipayo.com – Puluhan mahasiswa Karo dari berbagai kampus di Kota Medan melaksanakan kegiatan bakti sosial dan buka puasa bersama dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Medan ke-428 di Bundaran Monumen Guru Patimpus Sembiring Pelawi (Pendiri Kota Medan), Sabtu (9/6/2018) kemarin.

Sejumlah organisasi mahasiswa Karo yang ada di Kota Medan turut ambil bagian dalam kegiatan ini, diantaranya IMKA AMIK MBP, IMKA Arih Ersada UMI, IMKA Arih Ersada Unika, IMKA Sada Nioga Trigunadarma, IMKA Perjumpanta Politikenik MBP, IMKA ITM, IMKA Imannuel, IMKA Ate Tedeh Stikom, IMKA Rudang Mejile IBBI, IMKA Siroga FIB USU, PMMS UMA, dan PMMS UDA/ISTP.

“Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, Mahasiswa berharap agar Pemko Medan lebih memperhatikan dan mengambil tindakan semestinya terhadap kebersihan dan keindahan Monumen Guru Patimpus, dan pesan tersirat kepada mahasiswa Karo agar lebih terjaga kebersamaannya dan terus berkarya serta menjadi agen perubahan,” ujar Andelta Sembiring Kembaran salah satu koordinator kegiatan.

Sebagaimana diketahui, Guru Patimpus merupakan pendiri Kota Medan. Ia lahir di Aji Jahe, salah satu kampung di Taneh Karo Simalem yang sejuk, dingin, nyaman dengan angin pegunungannya. Ia menikah di Batu Karang dengan beru Bangun, mendirikan kampung di Perbaji dan memiliki seorang anak laki-laki bernama Bagelit.

Guru Pa Timpus bertubuh kekar, tinggi, gagah, dan berjiwa patriotik seperti seorang panglima. Ia juga seorang Guru, yang dalam bahasa Karo berarti seorang ahli dalam berbagai ilmu pengetahuan, ilmu obat-obatan, ilmu gaib, dan memiliki kesaktian.

Pemko Medan telah memberikan penghargaan terhadap Guru Pa Timpus, yaitu dengan ditetapkannya Hari Jadi Kota Medan pada tanggal 1 Juli 1590 dan kemudian memberikan nama kepada salah satu jalan di petisah dengan nama jalan Guru Pa Timpus.