Mantap! Lakonta, Lembaga Adat Budaya Karo Resmi Terbentuk

Mantap! Lakonta, Lembaga Adat Budaya Karo Resmi Terbentuk

Lakonta, Lembaga Adat Budaya Karo Resmi Terbentuk (Foto: Istimewa)

Sipayo.com – Pembentukan Lembaga Adat Budaya Karo (Lakonta) telah resmi dibentuk dengan cara pelantikan Pengurus Harian dan Pengurus Pusat Lembaga Adat Budaya Karo pada hari Sabtu 23 Juni 2018 di Open Stage Berastagi, Tanah Karo, Sumatera Utara.

Terbentuknya Lembaga Adat tersebut didasari oleh renungan, diskusi, serta ide-ide dari para tokoh-tokoh Budaya Suku Karo yang merasa perlu satu wadah yang dapat memelihara kultur budaya kearifan lokal sehingga tidak musnah terlindas oleh kemajuan tekhnologi dan budaya luar dari Suku karo itu sendiri.

Sehingga para generasi penerus dapat senantiasa menggunakan dan memelihara adat istiadat yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945 sebagai dasar kehidupan berbangsa dan bernegara.

Hal ini dianggap penting untuk di laksanakan mengingat para pemuda saat ini telah melupakan adat istiadat dalam kehidupan oleh karena begitu banyaknya terkontaminasi oleh adat istiadat budaya luar dari kemajuan tekhnologi yang bernuasa internet.

Untuk melestarikan adat Budaya suku Karo maka Lakonta di bentuk guna melestarikan dan menanamkan pengetahuan kepada khalayak ramai tentang Budaya Karo di bidang sejarah suku karo, bahasa suku karo, seni suku karo, arsitektur suku karo dan juga kuliner suku karo serta tata cara per adatan sehari hari suku karo, yang akan rutin di adakan sosialisasi , seminar dialog, pelatihan serta ceramah ceramah tentang adat dan budaya karo.

Adapun susunan pengurus harian dari Lakonta ialah : Ketua Umum Drs. Sarjani Tarigan, MSP, Ketua Harian Drs. Ismail Ginting, Msi, Sekretaris Drs. Kenan Ginting, M.Pd, Bendahara Sumiati Br Surbakti, Ketua Biro Adat dan Budaya Reken Pandia, Ketua Biro Seni, Ornamen, Arsitektur dan Kerajinan Karo. Ir. Jesaya Sinulingga, Ketua Biro Pengobatan Tradisional dan Kearifan Lokal Nency Meinita Br Brahmana, Ketua Biro Kuliner Beton Ginting, Ketua Biro Olahraga Ferry Kanosa Kaban, SPd, Ketua Biro Bahasa dan Aksara Fusen Sinulingga, Ketua Biro Hukum Dr. Dahlan Tarigan, SH. MH, Ketua Biro Humas Solianan br Tarigan, Ketua Biro Aset dan Usaha Nelson Anta Singarimbun, Ketua Biro Kepurbakalaan dan Sejarah Rahmat Purba SE. MM.

Pembina Bupati Karo, Ketua DPRD Karo. Dewan penasehat AKBP Heppi Karo Karo SE (Ketua), Prof. DR. Budiman Ginting, SH.MH (Anggota), Dr. Jakup Ginting SH, MH (Anggota), Pdt. Kongsi Kaban (Anggota), Dr. Pulumun Petrus Ginting S.Sn, M.Sn (Anggota), Drs. D.D Sinulingga (Anggota), Juara Ginting (Anggota).

Acara pelantikan pengurus lembaga adat karo ini juga di meriahkan dengan pameran kuliner karo, kerajinan karo, pengobatan tradisional karo, pameran kopi karo, bazar buku murah tentang budaya karo, perlombaan catur karo, perlombaan nahe nahe buluh (egrang), permainan panta, permainan patok lele, perlombaan busana karo, peragaan mbayu amak (menganyam tikar), peragaan mbayu raga dayang dayang (menganyam keranjang hias), permainan ndikar/ermayan (silat karo), pameran benda benda kesenian karo, pameran seni rupa karo, pameran miniatur rumah adat karo, dan pada malam nya di adakan pesta hiburan rakyat.

Acara ini turut di hadiri oleh Bupati Karo Terkelin Brahmana SH, Wakil Bupati Karo Cory Sebayang, dan semua Kepala SKPD Kabupaten Karo juga para Camat serta jajaran nya, juga Polres Karo dan Kodim Tanah Karo dengan antusias masyarakat hadir memeriahkan acara ini.

Sumber: MitraPol