Total Kerugian Kabupaten Karo Mencapai Rp1,4 Triliun Sebagai Dampak Erupsi Sinabung

Total Kerugian Kabupaten Karo Mencapai Rp1,4 Triliun Sebagai Dampak Erupsi Sinabung

Foto: Erupsi Sinabung

Sipayo.com – Bupati Terkelin Brahmana, didampingi Asisten I Suang Karo-Karo, Kepala Bappeda Nasib Sianturi, Kalak BPBD Martin Sitepu, bertemu senator asal Sumatera Utara yang juga Wakil Ketua DPD Darmayati Lubis, di Gedung DPR/MPR RI Nusantara III lantai 8, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Senin (4/6/2018).

Dalam pertemuan itu, Terkelin menyampaikan dampak erupsi Gunung Sinabung sejak 2010 hingga sekarang terus beraktipitas menghebuskan abu vulkanik yang membuat sekitar lereng sinabung terdapak erupsi itu.

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Darmayati Lubis, menegaskan akan memanggil sejumlah menteri, terkait laporan Bupati Karo Terkelin Brahmana soal dampak erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

“Khususnya bagi di luar Zona Merah. Misalnya, dalam bidang pertanian, pendidikan, PUPR termasuk infrastruktur. Ini skala prioritas yang kami koordinasikan ke DPD RI.” Ujar Bupati Karo Terkelin Brahmana.

“Mudah-mudahan ada jalan keluar, karena beberapa minggu yang lalu, diadakan Runggu (musyawarah) yang dihadiri KSP, PMK dan DPRD Karo dan anggota DPD RI Parlindungan Purba, yang mengatakan agar Pemkab Karo datang ke DPD RI untuk konsultasi terkait penanganan desa terdampak, yang butuh bantuan dana dan solusi,” ujar Terkelin Brahmana.

Bupati Karo itu menegaskan, dampak erupsi Gunung Sinabung mengakibatkan kerugian di bidang pertanian. “Setiap erupsi terjadi dampak terhadap pertanian di Kabupaten Karo mengalami banyak kerugian. Sesuai hasil hitungan Kalak BPBD Karo, sekali erupsi Gunung Sinabung, maka kerugian dapat ditaksir Rp1,4 triliun.Kiranya DPD bisa memfasilitasi dan mendorong proposal yang kami ajukan ke Kementerian Pertanian, Pendidikan dan Kementerian PUPR,” kata Terkelin.

Bupati menjelaskan, soal teknis yang difokuskan sudah ada dalam proposal, baik bidang pertanian, bidang pendidikan yang dibutuhkan biaya sekolah, dan kesehatan.

“Dibutuhkan agar diadakan riset kelayakan udara dan air akibat erupsi. Ini semua sudah kita ajukan, hanya selama ini kendala proposal sudah masuk penyelesaian dan jawaban tidak ada. Kadang jawabannya kajian lapangan. Nah ini yang perlu kami konsultasikan,” imbuh Terkelin.

Wakil Ketua DPD RI, Darmayati Lubis berjanji akan mencarikan penyelesaian. “Kami pada prinsipnya, DPD RI, punya perhatian terhadap bencana apalagi Sumut. Secara kelembagaan mencari penyelesaian dan solusi terhadap dampak meletusnya Gunung Sinabung sudah bagian tanggung jawab kami, baik seluruh Indonesia yang datang kepada kami,” kata Darmayati.

Disebutkan senator asal Sumatera Utara itu, DPD RI mempunyai empat kewenanganan yaitu Otonomi Daerah, Kesra, Sumber Alam dan Pengawasan APBN.

“Nah, setelah mendengar cerita tadi, saya selaku DPD RI akan mendorong lembaga/kementerian apabila proposal sudah diajukan. Karena ini masuk dalam pengawasan fungsi kami. Hanya saya minta tolong setiap proposal yang sudah diajukan ke lembaga/kementerian agar dikirim tembusannya. Supaya saya bisa ikuti dan saya tanyakan kepada menterinya, sekaligus kami dapat memberikan saran pertimbangan kepada Presiden,” ujar Darmayati.

Darmayati pun menekankan, akan memanggil para menteri terkait. “Kalau perlu nanti akan saya panggil Menteri Pertanian, Pendidikan, dan kesehatan. Kita adakan rapat di Gedung DPD RI. Ini bagian dari fungsi DPD RI check and balance, agar jelas masalahnya dan kendalanya. Sekaligus kami akan dorong terus agar mereka buat kajian turun ke lapangan agar bantuan itu nantinya tepat sasaran,” sebut Darmayati.

Dalam pertemuan itu, Darmayati pun akan membawa persoalan Kabupaten Karo terdampak erupsi Gunung Sinabung ke pimpinan DPD. “Dalam waktu dekat ini, apa yang kita bicarakan akan saya angkat ke pimpinan DPD RI untuk membahas dan langkah selanjutnya. Tapi tolong, besok ( Selasa, 5 Juni 2018), bapak ke Kementerian Pertanian, apa hasilnya tolong beritahu saya dan ditembusi ya,” kata Darmayati.