Warga Lingga Muda Laporkan Pembalakan Liar Hutan ke Polres Karo

Warga Lingga Muda Laporkan Pembalakan Liar Hutan ke Polres Karo

Sipayo.com – Karang Taruna dan warga Desa Lingga Muda, Kecamatan Laubaleng, Kabupaten Karo melaporkan praktik pembalakan liar (illegal logging) di kawasan Deleng Tongkoh yang tidak jauh dari desa mereka kepada pihak berwajib.

Berdasarkan informasi yang diterima sipayo.com dari masyarakat setempat, bahwa pada tanggal 13 Juni 2018 yang lalu, Karang Taruna dan warga Desa Lingga muda mendapatkan informasi bahwa telah terjadi perambahan di Deleng Tongkoh.

“Setelah mendapatkan informasi, Karang Taruna dan warga desa langsung mendatangi lokasi dan mendapati 1 mobil genzo yang berisi balok dan satu unit alat berat, beserta sejumlah balok yang belum dimuatkan ke mobil,” ujar warga Lau Baleng, Rusmadi Ginting Manik, Sabtu (16/6/2018).

Rusmadi menambahkan, setelah warga pulang dari lokasi pembalakan liar tersebut, pada malam harinya sekitar pukul 20.30 WIB, masyarakat Desa Lingga Muda kemudian melaksanakan musyawarah atas temuan yang didapati di lapangan.

“Dalam musyawarah tersebut, yang dipimpin oleh Ketua PBD Desa Lingga Muda, Pengarapen Sembiring, bersepakat bahwa kejadian itu akan dilaporkan kepada pihak yang berwenang. Dan masyarakat berkomitmen mengawal kasus tersebut hingga tuntas,” ujarnya.

Keesokan harinya, Karang Taruna dan Masyarakat Desa Lingga Muda yang berjumlah kurang lebih 100 orang mendatangi kantor Polsek Mardingding untuk melaporkan temuan pembalakan liar di Deleng Tongkoh.

“Kehadiran Karang Taruna dan Masyarakat diterima oleh Kapolsek Mardingding AKP Robin Ginting, yang selanjutnya setelah masyarakat mengadu langsung melakukan olah TKP, dan di Deleng Tongkoh menemukan alat bukti berupa mesin chin saw dan sejumlah kayu balok,” terangnya.

Seusai melakukan olah TKP, Kapolsek Mardingding menginstruksikan kepada masyarakat Desa Lingga Muda untuk melaporkan kembali kasus tersebut ke Polres Karo. “Pada saat itu juga, sesuai instruksi Polsek Mardingding, masyarakat Desa Lingga Muda, diantaranya Natang Perangin-angin, Ketua BPD Pengarapen Sembiring, dan didampingi perwakilan Karang Taruna, Natanail Perangin-angin S.Pd, Yoga Perangin-angin, dan Edi Suranta Perangin-angin, melaporkan kejadian ke Polres Karo,” ujar Rusmadi.

Laporan masyarakat pun disebutkan telah diterima oleh Polres Karo. Masyarakat pun berharap agar kasus pembalakan liar yang terjadi di Deleng Tongkoh sebagaimana temuan masyarakat dapat segera ditindaklanjuti oleh Polres Karo.

Keterangan foto: Temuan bukti dugaan pembalakan liar hutan yang terjadi di Deleng Tongkoh, Desa Lingga Muda, Kabupaten Karo.