PAN Tidak Percaya Survei LIPI Tentang Partai yang Tidak Lolos ke Parlemen, Ini Alasannya

PAN Tidak Percaya Survei LIPI Tentang Partai yang Tidak Lolos ke Parlemen, Ini Alasannya

Sipayo.com – Survei Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang menyebutkan sejumlah partai yang berpotensi tidak lolos ke parlemen tidak dipercayai oleh Partai Amanan Nasional (PAN). Dalam survei tersebut PAN memang salah satu partai politik yang berpotensi tidak lolos.

Meski survei LIPI memprediksi PAN tidak lolos, namun partai berlambang matahari terbit itu tetap yakin memenuhi syarat ambang batas masuk parlemen (parliamentary threshold).

“Dari dulu hasil survei selalu begitu. Dua pemilu yang lalu pun hasil surveinya tidak jauh beda dengan yang sekarang,” kata Wakil Sekretaris Jenderal PAN Saleh Partaonan Daulay kepada wartawan, Jumat (20/7/2018).

Namun, kata dia, faktanya PAN lolos ke parlemen pada Pemilu 2014. “Bahkan hasilnya jauh lebih tinggi dari margin error yang mereka tetapkan,” ujarnya.

Menurut dia, seharusnya fenomena ketidakakuratan lembaga survei perlu dipertanyakan. “Pada pemilu lalu, Hasil survei katanya (perolehan suara PAN-red) 2 persen. Faktanya hasil sesungguhnya mencapai 7,59 persen,” ujarnya.

Dia menambahkan, survei hanya mengukur popularitas partai. Kata dia, survei tidak mengukur popularitas kader dan caleg yang akan bertarung di partai tersebut.

“Sementara, dengan sistem pemilu sekarang ini, antara popularitas partai dan popularitas individual terkadang tidak linear,” katanya.