Ratusan Rumah di Medan Marelan Terendam Pasang Air Laut

Ratusan Rumah di Medan Marelan Terendam Pasang Air Laut

Foto: Ilustrasi Banjir di Young Panah Hijau

Sipayo.com – Pasang air laut tidak saja melanda Kecamatan Medan Kota Belawan, namun juga sudah merembet hingga Kecamatan Medan Marelan. Akibat pasang air laut atau banjir rob yang terjadi kemarin sore, ratusan rumah warga di Jalan Young Panah Hijau, Kelurahan Labuhan Deli, Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan turut terendam pasang air laut.

Sebahagian warga yang rumahnya terendam pasang air laut terpaksa mengungsi dan menyelamatkan barang berharga mereka ke rumah kerabat maupun familinya yang tidak berapa jauh dari lokasi pasangnya air laut.

Salah seorang warga setempat, Zulfachri mengatakan, pasang air laut sekarang tidak dapat diprediksi, karena setelah adanya penimbunan atau reklamasi yang dilakukan Pelindo Satu di Kawasan Belawan. Sedikit saja terjadinya pasang air laut, langsung membanjiri pemukiman warga dan malah merendaM rumah warga di Labuhan Deli.

Sebelum adanya reklamasi Pelindo Satu, bila terjadi pasang air laut hanya mencapai kedalaman dengan ketinggian 10 centimeter saja. Namun setelah dilakukannya reklamasi, ketinggian air laut ke pemukiman warga mencapai 30 centimeter. Sehingga bila terjadi pasang air laut, ratusan rumah warga di Jalan Young Panah Hijau, turut terendam banjir.

Pelindo 1 telah melakukan penimbunan ataupun reklamasi sepanjang 700 meter di kawasan pantai Belawan, guna memperpanjang Dermaga Belawan Internasional Contaiter Terminal atau BICT, agar kapal-kapal pengangkut peti kemas tidak lagi lama menunggu untuk melakukan aktivitas bongkar muat di BICT Belawan.