Setelah Sidang, Seorang Tahanan Kasus Pencurian di Rutan Kabanjahe Melarikan Diri

Setelah Sidang, Seorang Tahanan Kasus Pencurian di Rutan Kabanjahe Melarikan Diri

Foto: Ilustrasi

Sipayo.com – Seusai menjalani persidangan, Rabu (18/7/2018). Seorang tahanan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kabanjahe, melarikan diri. Identitas tahanan yakni Roni Sanjaya Sitepu (36), terdakwa kasus pencurian yang dijerat Pasal 363 ayat 1,3,4 KUHP dan divonis hakim tiga tahun penjara.

Kapolres Tanah Karo AKBP Benny Hutajulu mengatakan, kronologi kejadian bermula pada pukul 11.00 WIB, saat petugas Pengadilan Negeri (PN) Kabanjahe bersama Personel Sat Sabhara Polres Tanah Karo membawa 35 tahanan dari lapas ke pengadilan untuk menjalani persidangan.

“Sekitar pukul 16.00 WIB proses sidang untuk 15 orang tahanan telah selesai. Atas permintaan Pegawai PN Kabanjahe Chandra Sembiring dan Andre Tarigan, mereka diantarkan kembali ke Rutan dan tidak perlu dilakukan Pengawalan,” kata Benny, Kamis (19/7/2018).

Selanjutnya ke-15 orang itu diantar dengan menggunakan mobil tahanan Kejari Karo. Setiba di halaman parkir rutan, para tahanan diturunkan untuk dimasukkan kembali ke dalam penjara. Namun tiba-tiba, tahanan bernama Roni melarikan diri. “Tahanan kabur saat lagi diturunkan di parkiran halaman rutan,” ujarnya.

Benny menjelaskan, saat melarikan diri tersangka memakai baju kotak-kotak warna cokelat berlengan panjang. “Saat ini kami masih lakukan pencarian bersama-sama dengan petugas kejaksaan dan rutan,” ucapnya.

Dia mengungkapkan, sudah menghubungi keluarga tahanan yang kabur agar kooperatif dan diimbau menyerahkan diri. “Jika tidak, kami akan mengambil tindakan tegas,” tuturnya.