Wow! Harta Bupati Labuhanbatu Melonjak Hingga Rp5 Miliar dalam Setahun

Wow! Harta Bupati Labuhanbatu Melonjak Hingga Rp5 Miliar dalam Setahun

Foto: Bupati Labuhanbatu, Pangonal Harahap

Sipayo.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar operasi tangkap tangan (OTT), Selasa 17 Juli 2018 malam terhadap Bupati Labuhanbatu Pangonal Harahap serta empat orang lainnya.

Pangonal diamankan bersama ajudannya di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Tangerang. Sementara tiga pihak swasta diamankan di Labuhanbatu, Sumatera Utara. Pangonal diduga terlibat kasus dugaan suap terkait proyek pada Dinas PUPR Labuhanbatu.

Berdasarkan penelusuran wartawan terhadap laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) yang dimuat di laman acch.kpk.go.id, Pangonal memiliki harta kekayaan terakhirnya pada 7 Oktober 2016, sebesar Rp5 miliar

Harta kekayaan sebesar Rp5 miliar itu melonjak ‎dalam kurun waktu setahun. Sebelumnya, Pangonal hanya memiliki nilai total harta sejumlah Rp2 miliar tertanggal pada 24 Juni 2015.

Berdasarkan rincian LHKPNnya, orang nomor satu di Labuhanbatu itu memiliki harta yang tidak bergerak senilai Rp2,6 miliar. Harta tidak bergerak terdiri dari 30 bidang tanah yang tersebar di sejumlah daerah di antaranya, di Kabupaten Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan, Deli Serdang, dan Kota Medan, Sumatera Utara.

Politikus PDI-Perjuangan itu juga memiliki harta bergerak berupa mobil Ford Fiesta senilai Rp200 juta, Mitsubishi Truck senilai Rp600 juta, dan Mitsubishi Strada Triton senilai Rp402,5 juta. Tak hanya itu, Pangonal juga mengoleksi logam mulai senilai Rp38,7 juta.

Dia tidak memiliki utan ataupun piutang. Tapi, dia menyimpan giro atau setara kas sejumlah Rp1,1 miliar. Dengan demikian, total harta kekayaan Pangonal per tanggal 7 Oktober mencapai Rp5 miliar yang sebelumnya hanya Rp2 miliar.