5 Kota di Negera Ini Terancam Akan Tenggelam

5 Kota di Negera Ini Terancam Akan Tenggelam

 

Sipayo.com – Secara perlahan namun pasti, ada beberapa kota di dunia yang saat ini tengah terancam bahaya akan hilang dari peta. Jika pemerintah negara tersebut tidak melakukan tindakan pencegahan, akan dipastikan bahwa negara tersebut hanya akan tinggal kenangan saja.
Berikut inilah 5 kota di Dunia terancam tenggelam :

1. Osaka, Jepang

Jepang sering menghadapi bencana seperti banjir yang disebabkan oleh perubahan iklim. Menurut The Guardian, kota pusat di Jepang ini akan tenggelam di masa depan. Kejadian ini tentu mengancam ekonomi lokal, dan penghuninya. Permukaan air laut akan naik dan menutupi daerah ini.

Osaka sudah memiliki jaringan pengawasan laut dan pertahanan pantai untuk memonitor tsunami, meskipun keefektifannya diperdebatkan setelah bencana tahun 2011.

2. Alexandria, Mesir

Di Corniche Alexandria, gelombang air laut perlahan-lahan naik di garis pantai. Tentu kondisi ini mengancam kota bersejarah itu. IPCC melaporkan bahwa pantai-pantai di sekitar Alexandria akan tenggelam bahkan dengan kenaikan permukaan laut 0,5 meter, sementara 8 juta orang akan mengungsi akibat banjir di Alexandria.

3. Miami, Amerika Serikat

Salah satu kota di AS ini juga diprediksi tenggelam di masa depan. Di daerah Miami-Dade, ada banyak properti dekat pantai berisiko tenggelam hanya dalam 15 tahun ke depan.

Kekhawatiran juga muncul di pusat kota, di mana panitia pemungutan suara meminta pemilih untuk menyetujui obligasi “Miami Forever” dalam pemungutan suara November tahun lalu, yang mencakup USD 192 juta (Rp 2,7 triliun) untuk menambah pusat pompa, memperbaiki penyerapan dan menambah dinding laut.

4. Shanghai, China

Pada tahun 2012, laporan dari tim ilmuwan Inggris dan Belanda menyatakan Shanghai sebagai kota paling rentan di dunia untuk tenggelam. Hal ini berdasarkan faktor-faktor seperti jumlah orang yang tinggal dekat dengan garis pantai, waktu yang dibutuhkan agar banjir surut, dan tindakan untuk mencegah banjir. Menurut proyeksi Climate Central, 17,5 juta orang mengungsi akibat naiknya air jika suhu global meningkat.

Prediksi ini menunjukkan bahwa sebagian besar kota bisa tenggelam, termasuk sebagian besar pusat kota, landmark seperti Lujiazui dan Bund, bandara, dan seluruh Pulau Chongming yang terpencil.

Sejak 2012, pemerintah telah membuat terobosan untuk mengatasi ancaman, termasuk membangun sistem drainase, yang terdiri dari 15 kilometer pipa untuk mengalirkan air hujan di area seluas 58 kilometer persegi. Lalu meluncurkan proyek Pengaliran Banjir ke Sungai, yang akan merentang sejauh 120 kilometer antara Danau Taihu dan sungai Huangpu.

5. Jakarta, Indonesia

Para ilmuwan dalam penelitian di Laboratorium Propulsi Jet NASA di California memperkirakan Jakarta akan terkena dampak dari peningkatan permukaan laut setinggi, 1,713 mm. Selain Jakarta, empat kota dan satu provinsi juga terdeteksi berpotensi tenggelam karena peningkatan air laut.

Seperti dikutip dari BBC, empat kota di Indonesia lainnya yang terancam tenggelam yaitu Banda Aceh dengan peningkatan permukaan air laut 1,713 mm, Jawa Timur 1,766 mm, Makassar 1,764 mm, Manado, 1,780 mm dan Jayapura 1,747 mm.

Laporan tentang prediksi peningkatan permukaan laut itu sudah diterbitkan di Science Advances.