Bagaimana Nasib Penerimaan CPNS 2018 Setelah Menpan-RB Mundur dari Jabatannya?

Bagaimana Nasib Penerimaan CPNS 2018 Setelah Menpan-RB Mundur dari Jabatannya?

Foto: Asman Abnur

Sipayo.com – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur meminta izin mundur dari Kabinet Kerja lantaran sikap politik PAN yang memilih mengusung pasangan Prabowo-Sandi pada Pilpres 2019.

Asman Abnur dikabarkan telah mengajukan pengunduran diri kepada Presiden Joko Widodo sebagai menteri. Hal tersebut setelah Partai PAN, tempat Asman bernaung bersebrangan secara politik.

Asman takut kehadirannya sebagai menteri di Kabinet Kerja justru membebani Presiden Jokowi. Sehingga memilih untuk mengundurkan diri.

Kabar mundurnya Asman ternyata banyak dikhawatirkan oleh masyarakat umum. Sebab jika Asman mundur dari jabatannya dikhawatirkan bisa menganggu proses pembukaan CPNS 2018.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Biro Humas BKN Muhammad Ridwan mengatakan, jika mundurnya Asman benar teralisasi seharusnya tidak akan berpengaruh terhadap pembukana Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018. Sebab penetapan CPNS sudah direncanakan sejak jauh-jauh hari.

“Harusnya tidak ada hubungannya (dengan pengujian surat pengunduran diri Menpan Asman),” ujarnya saat dihubungi wartawan, Selasa (14/8/2018).

Menurut Ridwan, persiapan penerimaan CPNS 2018 saat ini terus berjalan. Bahkan Pantia Seleksi Nasional (Panselnas) terus merapatkan barisan untuk mempersiapkan seleksi CPNS 2018.

Persiapan penerimaan CPNS jalan terus. Tim Panselnas terus bekerja, hari ini masih rapat,” ucapnya.

Ridwan menambahkan, saat ini pihaknya terus melakukan persiapan seperti pengujian sistem dan aplikasi portak SSCN. Tak hanya itu, Panselnas juga memperhitungkan beberapa skenario penentuan titik lokasi pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

“Hasilnya belum bisa saya ungkap karena perhitungan dan skenario belum final,” ucapnya.