Ditemukan Ular Piton di Malaysia yang Disebut-sebut Terpanjang di Dunia, Segini Ukurannya

Ditemukan Ular Piton di Malaysia yang Disebut-sebut Terpanjang di Dunia, Segini Ukurannya

Foto: Ular piton raksasa ditangkap di Malaysia

Sipayo.com – Seekor ular piton raksasa yang ditemukan oleh masyarakat Kampung Kaki Bukit, Batu Tujuh, Malaysia, pada Sabtu (18/8/2018) sekitar pukul 3 pagi waktu setempat.

Berdasarkan perhitungan awal, ular piton raksasa yang ditemikan oleh seorang penduduk kampung di tepi jalan Kampung Kaki Bukit, Batu Tujuh, Baling, dalam perjalanan pulang ke rumahnya, sekitar pukul 03.00 dini hari. ini mempunyai panjang 10 meter dengan berat 100 kliogram.

Pegawai APM Baling, Leftenan (PA) Mohd Faizol Ab Aziz mengatakan, mereka menerima laporan tentang temuan ular tersebut sekitar pukul 03.15 dinihari dan sampai ke lokasi 10 menit kemudian.

“Ular sawah ini diduga sedang mencari makan di hutan di kawasan tersebut,” kata Faizol, dilansir dari Berita Harian.

Anggota kepolisian sipil tersebut butuh waktu 30 menit untuk menaklukkan ular piton tersebut, karena selain ukurannya yang besar, binatang melata itu cukup agresif.

Ular ini begitu menjadi perhatian di Negeri Jiran karena semula disebut-sebut sebagai ular terpanjang di dunia.

Guinness Book of World Records mencatat, ular piton terpanjang di dunia ditemukan Missouri, Amerika Serikat.

Ular yang kemudian diberi nama Medusa itu mempunyai panjang 7,67 meter pada tahun 2011 dan hingga saat ini masih tercatat sebagai ular terpanjang.

Namun setelah diukur ulang, ular piton raksasa yang ditangkap di Malaysia tidak mempunyai panjang sampai 10 meter, melainkan hanya tujuh meter.

Petugas APM Baling, Letnan (PA) Mohd Faizol Ab Aziz mengatakan, sekilas ular ini memang nampak panjang, namun setelah diukur pagi ini, ukurannya tidaklah sampai 10 meter seperti diinformasikan kemarin.