Heboh! Di Sleman Ada Permadani Terbang, Begini Penampakannya

Heboh! Di Sleman Ada Permadani Terbang, Begini Penampakannya

Foto: Istimewa

Sipayo.com – Sebuah jalan di komplek Perumahan Nogotirto V Sleman menjadi wahana swafoto lewat beragam lukisan tiga dimensi (3D).

Kehadiran aneka gambar tiga dimensi ini sebenarnya untuk memeriahkan perayaan HUT RI pada 17 Agustus mendatang, akan tetapi justru gaungnya sudah terdengar sampai ke penjuru DIY.

Sejak dibuat satu minggu lalu, RT 5 RW 35 Perumahan Nogotirto V kerap disambangi wisatawan dadakan dari wilayah DIY, seperti Kotagede, Jalan Kaliurang, dan sebagainya. Lukisan 3D di jalan ini jika dilihat dengan mata telanjang hanya seperti lukisan biasa.

Namun, jika difoto dari sudut yang pas, lukisan itu memberikan efek timbul.

Ada sekitar 10 lukisan 3D yang menghiasi jalan kompleks yang dihuni ratusan warga itu, antara lain, tangga, permadani, piramida, kubus, awan, dan jembatan.

“Arahnya sebenarnya belum ke kampung wisata, baru sebatas mempercantik kawasan untuk memeriahkan HUT RI,” ujar Wibisono, Ketua RT 5 Perumahan Nogotirto V, Sabtu (4/8/2018).

Ia mengungkapkan ide membuat lukisan 3D di jalan ini muncul setelah rapat warga. Biasanya menjelang HUT RI, warga hanya mempercantik wilayah perumahan dengan mengecat tepi jalan.

Untuk kali ini, mereka menginginkan hal yang berbeda, sehingga lukisan 3D menjadi pilihan. Pengerjaan lukisan 3D dilakukan secara bersama-sama.

Mereka merogoh kocek pribadi untuk membiayai pembuatan lukisan 3D di jalan kompleks. Lukisan 3D ini juga akan diikutsertakan dalam lomba antar RT di perumahan itu.

“Yang sudah jadi lukisan 3D di RT 5 dan 1, akan disusul RT lainnya, jadi nanti seluruh jalan di Perumahan Nogotirto V penuh dengan lukisan 3D di jalan,” ucap Wibisono.

Ide memunculkan lukisan 3D di jalan kompleks dicetuskan oleh seorang warga bernama Yuwono Hadi Wijoyo. Ia melihat gambar-gambar 3D di Internet dan menyampaikannya kepada warga.

“Warga setuju dan akhirnya bersama-sama membuat,” kata laki-laki yang juga menjabat sebagai seksi lingkungan RW 35 ini.

Semula ia memilih gambar kotak yang memunculkan efek terbang, kemudian dikembangkan menjadi bentuk lainnya. Warga mengikuti gambar pola yang sudah dibuat sketsa.

Ia tidak menampik lukisan 3D yang menghiasi permukiman penduduk bukan hanya di tempatnya saja. Di beberapa daerah seperti Solo dan Malang juga sudah ada.

“Tetapi saya malah belum pernah ke sana, inspirasinya ya dari internet saja,” tutur Yuwono yang juga gemar menggambar ini.

Menurut Yuwono, aksi kreatif ini menguatkan persaudaraan, serta menebalkan semangat “tetanggaku adalah saudaraku” yang sudah menjadi motto warga Perumahan Nogotirto V sejak dulu.

Sumber: Liputan6