KPU Akan Larang Capres Memeriksa Kesehatan Sendiri

KPU Akan Larang Capres Memeriksa Kesehatan Sendiri

Foto : KPU

Sipayo.com – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) melalui Hasyim Asyari mengatakan akan melarang capres dan cawapres yang sudah mendaftarkan diri melakukan pemeriksaan kesehatan sendiri.
“Tidak dibolehkan periksa ulang sendiri, yang sifatnya pembanding,” ujar komisioner KPU Hasyim Asyari di kantornya, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa (7/8/2018).
Hasyim mengatakan pemeriksaan kesehatan akan dilakukan sebanyak satu kali. Ia juga mengatakan tes kesehatan ini hanya dapat dilakukan di RS yang tentukan KPU, yaitu RS Pusat Angkatan Darat (RSPAD).
“Jadi pada prinsipnya pemeriksaan kesehatan, itu hanya dilakukan sekali oleh RS yang ditunjuk sama KPU (RSPAD),” ujar Hasyim.
Sebelumnya, KPU telah menentukan rumah sakit yang nantinya akan digunakan untuk pemeriksaan kesehatan capres cawapres. Pemeriksaan ini nantinya akan dilakukan di RS Pusat Angkatan Darat (RSPAD).

“KPU sudah memutuskan kan itu, di RSPAD,” ujar Ketua KPU Arief Budiman (4/8/2018).

Nantinya, pasangan calon akan melakukan beberapa pemeriksaan. Di antaranya pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani serta bebas penyalahgunaan narkotika.

Hal ini sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 22 Tahun 2018 pasal 28 tentang Pencalonan Peserta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden.