Mengenang Yusuf Supendi, Pendiri PKS yang Kemudian Berlabuh di PDIP

Mengenang Yusuf Supendi, Pendiri PKS yang Kemudian Berlabuh di PDIP

Foto: Yusuf Supendi

Sipayo.com – Meninggalnya Politikus senior Yusuf Supendi, pada Jumat (3/8/2018) kemarin, tepatnya pada pukul 06.00 WIB. Nama Yusuf Supendi menjadi perhatian karena pada pemili legislatif 2019, dia mendaftar melalui partai PDIP.

Yusuf Supendi mencalonkan diri di daerah pilihan (Dapil ) V Jawa BArat yang meliputi Kabupaten Bogor. Pertarungan baru akan dimulai, namuan takdir memutuskan dia harus kembali kepada sang pencipta.

Diduga Meninggalnya Yusuf Supendi ini karena kelelahan. Lanataran, dia hars mengikuti banyak kegiatan, semisal pelatihan dan pembekalan, sebagai bakal caleg PDIP.

“Kami sungguh ikut berduka,” ujar Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno, seperti dikutip dari Kompas.

Dikatakannya, persiapan dan pelatihan sebagai bakal caleg PDIP sudah dimulai sejak beberapa hari lalu. Siapakah Yusuf Supendi itu hingga namanya sangat dikenal di dunia poltik tanah air?

Yusuf Supendi adalah pendiri Partai Keadialan alias PK. Partai Keadilan inilah cikal bakal berdirinya Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang kini dipimpin Sohibul Iman sebagai presidennya.

Dari PKS inilah yang mengantarkan Yusuf Supendi menjadi anggota DPRD periode 2004-2009. PKS mengalami dinamika. Pada 2010, Yusuf dipecat dari PKS. Padahal posisinya saat itu sebagai Wakil Ketua Dewan Syariah PKS.

Yusuf kemudian membuat pembelaan dan menuangkan nya dalam sebuah buku berjudul Yusuf Supendi Menggugat Elite PKS. Dia mengaku karena tuduhan menggagu istri orang dan menyelewengkan dana sumbangan.

Tapi Yusuf membatah semua tuduhan itu. Usaha di jalur hukum pun ditempuh. Yusuf menggugat PKS ke pengadilan negeri Jakarta Selatan. Sayangnya gugatan tersebut ditolak majelis hakim.

Kehidupan politiknya terus berjalan. Pada tahun ini, dia mencalonkan diri menjadi anggota DPR melalui perahu PDIP.

Berikut profil lengkap Yusuf Supendi seperti dikutip dari Litbang Kompas:

Nama Lengkap: Yusuf Supendi

Tempat, Tanggal Lahir: Bogor, Jawa Barat, 15 Mei 1958

Agama: Islam Jabatan: Anggota DPR RI (2004-2009)

Alamat Kantor: Gedung DPR RI, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Senayan, Jakarta Pusat
Alamat Rumah: Jalan Lapan V No 28, Pekayon, RT 012 RW 001, Pasar Rebo, Jakarta Timur

PENDIDIKAN:

Umum:

– MI Ibnu Hajar, Bogor – Pondok Pesantren Darul Fallah (SMP), Bogor – Pondok Pesantren Darul Falah (SMA), Bogor – Pesantren Tinggi Badan Kerjasama Pon-Pes, Jawa Barat – Universitas Imam Bin Saud, Riyadh, Arab Saudi

PERJALANAN KARIER:

Pekerjaan:
– Penerjemah Arab-Indonesia-Arab – Dosen Universitas Ibnu Kholdun, Bogor – Staf Badan Kerjsama Pondok Pesantren Indonesia – Dosen dan Ketua STAIDI Al- Hikmah, Jakarta – Staf Ahli Pusat Konsultasi Syariah, Jakarta
Legislatif:
– DPR dari PKS (2004 – 2009) Keterlibatan dalam Organisasi: – Anggota Komisi X dari Fraksi PKS – Anggota Komisi III dari Fraksi PKS

KEGIATAN LAIN:
– Anggota Himpunan Siswa Darul Fallah, Bogor
– Anggota Perhimpunan Pelajar Indonesia, Riyadh, Arab Saudi
– Anggota Dewan PPI, Arab Saudi
– Ketua Ikatan Mahasiswa ASEAN, Riyadh
– Pendiri Majelis Syuro Partai Keadilan
– Wakil Ketua Dewan Syariah Partai Keadilan
– Anggota Majelis Syuro PKS
– Ketua Umum Yayasan Darul Hijrah, Bogor
– Ketua Dewan Pesantren Darul Hikmah, Bekasi
– Sekretaris Yayasan Islam Kebudayaan Pembangunan, Jakarta
– Anggota Dewan Syariah PKS