Pemprov Sumut Terus Berupaya Mendorong Danau Toba Sebagai Geopark Dunia

Pemprov Sumut Terus Berupaya Mendorong Danau Toba Sebagai Geopark Dunia

Sipayo.com – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) menegaskan komitmen mendorong kawasan Danau Toba masuk sebagai Geopark Dunia yang diakui UNESCO dengan tujuan kesejahteraan masyarakat di kawasan danau terbesar di Asia tersebut.

Hal tersebut disampaikan oleh Penjabat Gubernur Sumatera Utara (Pj Gubsu) Drs Eko Subowo MBA dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Administrasi Umum dan Aset Sekretariat Daerah Provinsi Sumut Zonny Waldi pada acara ‘Sosialisasi Keselamatan Pelayaran dan Supervisi Geosite Geopark Kaldera Toba’ di Parapat, Kabupaten Simalungun, Sabtu (4/8/2018).

“Pemerintah sedang berupaya menjadikan Danau Toba sebagai Geopark yang diakui oleh Badan Dunia dalam hal ini UNESCO. Tujuannya tak lain dan tak bukan dalam rangka mensejahterakan masyarakat yang ada di sekitar di Danau Toba ini,” ujarnya.

Pj Gubsu turut menyampaikan, bahwa Danau Toba merupakan salah satu destinasi pariwisata nasional saat ini, sehingga kelestariannya harus dirawat dan dijaga. “Agar Danau Toba dapat menjadi tujuan wisata yang baik tentunya harus berbenah diri dengan memberikan rasa aman dan nyaman kepada pengunjung, serta terus berupaya menjaga keindahannya,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut Pj Gubernur turut berharap agar kejadian tenggelamnya kapal sebagaimana KM Sinar Bangun di Danau Toba beberapa waktu yang lalu jangan sampai terjadi lagi.

“Tenggelamnya KM Sinar Bangun di Danau Toba beberapa waktu lalu, cukuplah ini yang terakhir. Oleh karenanya kegiatan sosialisasi keselamatan pelayaran yang digelar ini diharapkan benar-benar dapat membawa manfaat bagi seluruh masyarakat dan pelaku pelayaran di Danau Toba,” terangnya.

Pj Gubsu juga turut memberikan apresiasi kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Utara dan Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara yang menginisasi terselenggaranya acara ‘Sosialisasi Keselamatan Pelayaran dan Supervisi Geosite Geopark Kaldera Toba’.

“Kita berikan apresiasi yang tinggi kepada BPBD Provinsi Sumatera Utara dan Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera yang telah menginisiasi terselenggaranya kegiatan yang digelar hari ini,” pungkasnya.