2 Orang Debt Collector Ngaku Polisi di Malang Ditangkap

2 Orang Debt Collector Ngaku Polisi di Malang Ditangkap

Kedua pelaku polisi gadungan ditangkap anggota Polsek Singosari (Foto: Istimewa)

Sipayo.com – Dua debt collector ditangkap Anggota Polsek Singosari, Malang, Jawa Timur (Jatim.) Keduanya ditangkap setelah dilaporkan telah merampas sepeda motor di tengah jalan.

Pasalnya, mereka mengaku sebagai Polisi untuk mengambil motor kreditan yang telah menunggak di Jalan Raya Karanglo, tepatnya di depan ruko Mondoroko Selatan, Desa Banjararum, Singosari.

Kanitreskrim Polsek Singosari Iptu Supriyono mengatakan, pelaku bernama Yudianto warga Pasuruan dan Anang warga pakis Kabupaten Malang. Mereka dilaporkan korbannya lantaran mengambil paksa sepeda motor di tengah jalan raya di kawasan Karanglo, Kabupaten malang.

“Tersangka berprofesi debt collector ini memberhentikan sepeda motor korban. Untuk meyakinkan korban, pelaku menunjukkan lencana berlogo polisi kepada korban,” kata Supriyono, Minggu (23/9/2018).

Saat itu korban mengira kedua pelaku merupakan anggota polisi. Dia kemudian menuruti perintah pelaku saat digiring ke kantor perusahaan finance. “Ternyata korban dibawa ke sebuah kantor lembaga keuangan atau finance. Di kantor tersebut korban dipaksa untuk melunasi sepeda motor nya sebesar Rp5 juta,” ujarnya.

Dari hasil penyelidikan, keduanya sudah beraksi dan mengaku sebagai polisi selama dua tahun. Tersangka biasanya mencari sasaran sepeda motor yang mengalami kredit macet. Berbekal data plat nomor kendaraan, kedua tersangka dengan leluasa menghentikan dan mengambil paksa kendaraan milik korban di tengah jalan.

Polisi berhasil mengamankan barang burkti berupa lencana berlogo kepolisian, dua unit telepon seluler dan dua unit sepeda motor. Akibat perbuatannya, kedua pelaku dijerat Pasal 368 KUHP dengan ancaman hingga lima tahun kurungan penjara.