Hebohkan Warga Makassar Dengan Kelahiran Anak Sapi Berkepala Dua

Hebohkan Warga Makassar Dengan Kelahiran Anak Sapi Berkepala Dua

 Anak Sapi Berkepala Dua (Foto: Istimewa)

Sipayo.com – Kelahiran seekor anak sapi dengan dua kepala menghebohkan warga Makasaar. Namun sayang, usia anak sapi tersebut tidak terlalu lama, dikarenakan setelah lahir anak sapi itu mati.

Sapi tersebut lahir secara caesar dengan bantuan tim dokter hewan di Pusat Kesehatan Hewan, Tamangapa, Kecamatan Manggala, Makassar, Rabu 29 Agustus 2017.

Menurut Dokter Hewan Puskeswan, Muhtadin Wahyu, sapi itu awalnya dibawa pemiliknya ke pusat kesehatan hewan karena kesulitan proses persalinan sapinya.

“Kelahiran anak sapi dilakukan secara caesar. Karena pemiliknya meminta bantuan. Kita bantu tapi memang sulit lahir secara normal. Makanya, kita bantu tadi proses lahirnya,” kata Muhtadin kepada Okezone, Kamis (30/8/2018)

Muhtadin menjelaskan, awalnya sapi itu di kiri posisinya tidak tepat pada saat masih dalam perut induknya. Namun, saat dilakukan operasi memang sapi memiliki dua kepala. Kejadian itu, ujarnya, bisa disebabkan banyak banyak faktor, misalnya dari sperma induknya dan kelainan genetik.

“Sapi berkepala dua ini disebabkan ada banyak faktor. Misalnya, ada kelainan genetik pada induk anak sapi. Mulai dari proses perkawinanya juga itu ada,” jelasnya.

Saat dilakukan proses operasi caesar induk sapi lebih dulu disembelih atas izin pemiliknya. Hal itu dilakukan untuk memudahkan tim dokter dalam mengeluarkan sapi tersebut secara operasi caesar.

“Setelah penyembelian induknya itu maka proses caesar dilakukan. Tapi setelah operasi caesar anak sapi itu mati,” ungkap dia.

Anak sapi itu masih disimpan di Pusat Kesehatan Hewan, Jalan Tamangapa Makassar untuk keperluan penelitian tim dokter.