Warga Cerumbu di Karo Curhat soal Listrik Saat Dikunjungi Arya Sinulingga

Warga Cerumbu di Karo Curhat soal Listrik Saat Dikunjungi Arya Sinulingga

Sipayo.com – Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin, Arya Sinulingga melanjutkan kunjungannya ke sejumlah pedesaan di wilayah Liang Melas Datas, Karo, Sumatera Utara (Sumut), untuk menyerap aspirasi warga. Salah satu desa yang kunjungi yakni Dusun Cerumbu, Desa Kuta Pengkih, Kecamatan Mardingding. Di sini, Arya mendengarkan keluhan warga soal infrastruktur listrik.

Salah seorang warga Dusun Cerumbu Serasikita menuturkan, semenjak Indonesia merdeka sampai dengan hari ini daerah mereka tidak mendapatkan aliran arus listrik. Kondisi itu menyebabkan warga hidup dalam keterbatasan terutama di malam hari karena hanya bergantung pada lampu teplok sebagai penerangan.

“Saya kasihan melihat anak-anak kami yang harus belajar di kondisi gelap gulita di malam hari. Tolonglah pak, sampaikan hal ini kepada Pak Jokowi agar desa kami segera dialiri arus listrik,” katanya, Minggu (16/9/2018).

Serasikita melanjutkan curhatnya, pada dua tahun yang lalu, ada oknum mengaku pihak rekanan PLN yang menjanjikan penyambungan arus listrik ke Desa Cerumbu. Namun untuk itu tiap kepala keluarga (KK) dimintakan uang Rp1,2 juta.

Sudah ada 33 KK yang menyetorkan dan sudah diberikan oknum tersebut. Namun sudah dua tahun berlalu belum ada tanda-tanda penyambungan arus listrik. “Kami mendengarnya dia sudah ditangkap polisi karena kasus penipuan,” ujarnya.

Serasikita berharap, dengan kehadiran Arya Sinulingga bisa menyampaikan aspirasi mereka kepada Presiden Joko Widodo dan juga pihak PLN. “Kami sudah bosan hidup gelap-gelapan pak. Tolong kami pak, supaya ada penerangan untuk tempat tinggal kami ini,’’ ucapnya.

Menanggapi aspirasi warga, Arya Sinulingga berjanji untuk menyampaikan hal ini kepada instansi terkait, khususnya PLN. Infrastruktur listrik merupakan salah satu kebutuhan penting bagi masyarakat pada saat ini. “Ini sebabnya kenapa saya katakana bahwa pembangunan infrastruktur harus tetap dijalankan,” kata Arya.

Diketahui sebelumnya, tokoh masyarakat Sumut itu juga berkunjung ke wilayah Liang Melas Datas, Kabupaten Karo, Sumut. Di wilayah yang mencakup sejumlah desa yakni Desa Sukajulu, Kuta Mbaru, Batu Makmak, Kuta Mbelin, Pola Tebu, Kuta Pengkih, Dusun Kuta Kendit dan Dusun Cerumbu, Arya menyerap aspirasi warga yang mendambakan perbaikan infrastruktur jalan dan listrik.