Begini Kata Ma’ruf Amin Soal Gejolak Dukungan PAN ke Prabowo

Begini Kata Ma’ruf Amin Soal Gejolak Dukungan PAN ke Prabowo

Foto: Ma’ruf Amin

Sipayo.com – Sekjen PAN Eddy Suparno menyebut ada sejumlah caleg PAN yang tidak bisa terang-terangan mengkampanyekan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Cawapres nomor urut 01 KH Ma’ruf Amin menilai keputusan caleg PAN itu objektif.

“Saya kira layak. Artinya pandangan mereka sangat objektif, tidak subjektif. Itu patut jadi contoh,” kata Ma’ruf di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (20/10/2018).

Ma’ruf juga berterima kasih jika dukungan caleg PAN itu bisa beralih ke dia dan Jokowi. Namun demikian memang hingga saat ini belum ada pernyataan resmi dari para caleg PAN yang dimaksud itu.

“Terima kasih, saya terima kasih pada mereka (kalau mendukung Jokowi-Ma’ruf),” ujarnya.

Sebelumnya, Sekjen PAN Eddy Suparno mendapatkan informasi ada sejumlah caleg PAN di daerah menolak mendukung Prabowo-Sandiaga. Caleg-caleg PAN itu lalu meminta izin kepada elite partai, termasuk kepada Ketum PAN Zulkifli Hasan.

“Sekarang di antara caleg-caleg kita yang berjuang di daerah ada yang mengatakan ‘mohon maaf ketua umum, mohon maaf sekjen, tetapi saya di bawah mungkin tidak bisa terang-terangan berpartisipasi dalam pemenangan Pak Prabowo, karena konstituen saya tidak sejalan dengan itu, jadi ya mohon maaf’,” ucap Eddy menirukan caleg-caleg itu.

Pernyataan tersebut disampaikan Eddy saat hadir sebagai salah satu pembicara dalam diskusi publik dengan tema ‘Dari Pilkada 2015-2018 dan Peta Baru Pilpres 2019’, di Hotel Veranda-Pakubuwono, Jl Kyai Maja No 63, Jakarta Selatan, Kamis (18/10/2018).

Namun, pada Jumat (19/10), Eddy memberikan klarifikasi atas pernyataannya. Melalui keterangan tertulis, Eddy menyebut apa yang disampaikannya bukan berarti PAN tidak all-out dalam memperjuangkan Prabowo-Sandiaga.

“Kita sejak awal all-out memenangkan Prabowo-Sandi. Hal itu bisa dilihat dari road show yang kita lakukan selama 3 minggu ini di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat ke lebih dari 50 kabupaten/kota dengan membawa Sandiaga Uno. Kita perkenalkan Sandi kepada seluruh kader PAN, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan masyarakat umum di daerah tersebut,” tutur Eddy dalam keterangan tertulis.