Begini Motif Pelaku Pembunuhan Pelajar di Depok

Begini Motif Pelaku Pembunuhan Pelajar di Depok

Foto: Istimewa

Sipayo.com – Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polresta Depok dan Polsek Sawangan sudah menangkap Ahmad Rifai atau Pay (19), pelaku pembunuhan pelajar MTs Al Hidayah Ali Akbar (14) di tempat persembunyaiaanya di Cinere, Jakarta Selatan, pada Minggu 7 Oktober sekira pukul 22.30 WIB. Penyidik pun melakukan pemeriksaan kepada tersangka, kemudian didapatkan motif pembunuhan korban lantaran hanya ingin memiliki handphone korban.

“Kami lakukan pemeriksaan dan mendapatkan informasi bahwa latar belakang pelaku melakukan pembunuhan terhadap anak ini karena ini menguasai HP yang saat itu dimiliki korban,” kata Kapolresta Depok Kombes Didik Sugiarto, di kantornya, Selasa (9/10/2018).

Hasil penyelidikan sementara, polisi mengidentifikasi bahwa pelaku Ahmad Rifai atau Pay (19) merupakan sebagai seorang pemakai narkoba, sebab dari hasil tes urine pelaku terbukti positif menggunakan narkoba. Selain itu, rencannya handphone korban akan dijual guna membeli narkoba tersebut.

“Pelaku juga sudah kita identifikasi sebagai pengguna narkoba yang mana uang ini juga akan digunakan untuk membeli narkoba yang dia butuhkan. Selain untuk kebutuhan sehari-hari,” paparnya.

Dari keterangan pelaku, dalam menjalankan aksinya pelaku tidak dalam kondisi mabuk atau memakai narkoba. “Kondisinya normal tidak dalam keadaan mabuk dan dia sadar. Memang pelaku sudah niat mengambil HP korban,” imbunya.

Dari tangan pelaku polisi menyita barang bukti pisau yang digunakan untuk membunuh dan pakaian pelaku yang digunakan saat peristiwa tersebut terjadi. Pelaku diancam Pasal 351 Ayat 3 Subsider 338 dan Subsider 340 jo Pasal 80 Ayat 2 UU 35 Tahun 2014 tentang UU Perlindungan Anak dengan ancaman hukuman mati.