Gendang Guro-guro Aron Ditetapkan Sebagai Warisan Budaya Indonesia

Gendang Guro-guro Aron Ditetapkan Sebagai Warisan Budaya Indonesia

Sipayo.com – Kementerian Pendidikan dak Kebudayaan (Kemdikbud) dalam Malam Apresiasi Penetapan Warisan Budaya Tak Benda (WBTB Indonesia) 2018, Rabu (10/10/2018) lalu telah menetapkan 8 sertifikat WBTB Indonesia dari Provinsi Sumatera Utara.

Dari 8 karya Budaya dari Sumatera Utara yang telah ditetapkan sebagai WBTB Indonesia, salah satunya adalah Gendang Guro-guro Aron, yaitu kesenian tradisional masyarakat Karo yang berasal dari Dataran Tinggi Karo.

Selanjutnya ada Tari Dulang (Melayu), Sinandong Asahan (Melayu), Pelleng (Pakpak), Gotong (Simalungun), Itak Poul Poul (Mandailing), Kalabubu (Nias) dan Mangarotas (Toba).

Sertifikat penetapan ke-8 WBTB Indonesia ini telah diserahkan langsung oleh Direktur Jenderal Kebudayaan kepada Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisitas Provinsi Sumatera Utara, dan seterusnya sertifikat tersebut akan diserahkan kepada kabupaten/kota asal karya budaya masing-masing oleh provinsi.

Sebelumnya, pada tahun 2013 Rumah Adat Karo juga sudah dimasukkan dalam daftar WBTB Indonesia, selanjutnya pada tahun 2014, Merdang-merdem sebagai warisan budaya dari Tanah Karo juga telah ditetapkan.

Dengan demikian, hingga kini sudah ada 3 warisan budaya dari Tanah Karo yang masuk dalam daftar WBTB Indonesia, yakni Rumah Adat Karo, Merdang-merdem, dan Gendang Guro-guro Aron.