Hadiri Dies Natalis USU ke-66, Presiden Jokowi Disematkan Uis Adat Karo

Hadiri Dies Natalis USU ke-66, Presiden Jokowi Disematkan Uis Adat Karo

Sipayo.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama ibu negara Hj Iriana Jokowi menghadiri puncak Dies Natalis ke-66 Universitas Sumatera Utara (USU) di Auditorium USU, Senin (8/10/2018).

Rombongan presiden tiba sekitar pukul 8.30 WIB. Diperkirakan hampir kurang lebih satu jam Jokowi berada di acara tersebut.

Usai menyampaikan orasinya dalam kegiatan tersebut, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana dihadiahi Uis Adat Karo oleh civitas akademika USU. Uis Karo tersebut merupakan kain adat khas tradisional masyarakat Karo yang biasa digunakan dalam kegiatan budaya.

Untuk Presiden Jokowi, disematkan Uis Gatib yang dipakaikan langsung oleh Rektor USU Prof Runtung Sitepu, sedangkan untuk Ibu Riana diberikan Uis Ragi-ragi.

“Di kalangan orang Karo yang dipakaikan kepada Bapak Presiden namanya Gatib, dan yan kepada Ibu Negara namanya Ragi-ragi,” ujar Rektor USU.

Sekadar informasi, Turut hadir dalam rombongan kepresidenan, Menristekdikti RI Prof H Mohamad Nasir, Ak, Ph D dan Sekretaris Kabinet RI, Pramono Anung.

Selain itu pada acara tersebut hadir juga Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi serta sejumlah tokoh masyarakat dan pendidikan di Sumatera Utara.