Ini Harapan Arya Sinulingga Saat Hadiri Deepavali yang Dirayakan Grind Sumut

Ini Harapan Arya Sinulingga Saat Hadiri Deepavali yang Dirayakan Grind Sumut

Sipayo.com – Garda Rajawali Perindo (Grind) Sumatera Utara menggelar perayaan Deepavali dengan tema “Diwali Music Party’ yang digelar di Wahana Rekreasi Hairos, Jl. Letjen Jamin Ginting, Km 14,5 Medan, Minggu (18/11/2018).

Dalam perayaan hari raya umat Hindu yang dihadiri oleh ratusan masyarakat India di Sumatera Utara ini turut mengudang Ketua Dewan Penasihat Pemuda Hindu Sumut, Arya Mahendra Sinulingga.

Saat memberikan arahan dalam kegiatan tersebut, Arya Sinulingga menyampaikan bahwa dalam kurun 2 tahun terakhir selama masa pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), hari raya Deepavali sebenarnya telah menjadi hari libur fakultatif bagi masyarakat yang merayakannnya.

“Dalam 2 tahun terakhir perayaan Deepavali telah menjadi hari libur fakultatif bagi yang merayakannya oleh Presiden Jokowi. Perjuangan berikutnya adalah menjadikan Deepavali menjadi Hari Libur Nasional,” ujar Arya Sinulingga yang juga merupakan Juru Bicara Tim Kampanye Nasional Jokowi-KH Ma’ruf Amin.

Dalam kesempatan yang sama, Arya juga menyampaikan bahwa perayaan Deepavali turut menunjukkan keberagaman Indonesia sebagai salah satu bangsa di tengah-tengah dunia, sehingga harus bisa dimaknai sebagai cahaya terang menuju kegemilangan Indonesia ke depannya.

“Karena itu melalui perayaan Deepavali ini harus menjadi momen untuk seluruh masyarakat agar bersama-sama semakin mencintai Indonesia dengan cara saling menghargai dan tolong menolong satu sama lain, tanpa membedakan suku, agama, ras atau golongan. Sebab dengan melaksanakan cinta dan kasihlan, sehingga Indonesia akan menjadi bangsa yang besar dengan keberagamannya,” terang Arya.

Tak lupa, Arya juga mengajak kepada seluruh umat Hindu di seluruh Indonesia khususnya para pemuda Hindu untuk menjadikan semangat Perayaan Deepavali sebagai jalan menuju kegemilangan Indonesia. “Mari kita menyatu dalam keberagamanan melalui cinta dan kasih untuk sesama umat manusia,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua The Hindu Center North Sumatera Satya Mohan yang juga merupakan ketua Grind Sumut turut mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Presiden Republik Indonesia (RI) Jokowi bersama dengan Kementerian Agama yang telah memberikan libur fakultatif kepada umat Hindu untuk merayakan Deepavali dalam dua tahun terakhir.

“Namun begitu, kami masih berharap agar ke depan Perayaan Deepavali ini dapat menjadi libur nasional,” ujar Mohan

Mohan turut berharap denganPerayaan Deepavali akan semakin merekatkan persatuan dan kesatuan Indonesia di tengah keberagaman sebagai bangsa.

“Mari kita saling menjaga persatuan dan membangun ikatan saling mengasihi juga bersama-sama menjaga toleransi umat beragama untuk menuju kegemilangan Indonesia yang sudah di depan mata,” tuturnya.