Usai Pimpin Upacara Hari Pahlawan, Jokowi Tabur Bunga di TMP Bandung Ditemani Pejuang Veteran

Usai Pimpin Upacara Hari Pahlawan, Jokowi Tabur Bunga di TMP Bandung Ditemani Pejuang Veteran

Foto: Istimewa

Sipayo.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) atau Jokowi memimpin upacara Ziarah Nasional dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November 2018. Upacara dilakukan di Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN) Cikutra, Jalan Cikutra, Neglasari, Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat.

Usai memimpin upacara Peringatan Hari Pahlawan, Jokowi melakukan tabur bunga di makam para pahlawan. Jokowi ditemani oleh beberapa pejuang dari Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI).

Pantauan wartawan, upacara peringatan Hari Pahlawan di TMPN Cikutra, Bandung, Jawa Barat, selesai sekitar pukul 08.30 WIB, Sabtu (10/11/2018). Selesai upacara, Jokowi langsung menuju lokasi makam.

Dia melakukan tabur bunga di beberapa makam. Di antaranya makam Abdoel Moeis yang merupakan perintis kemerdekaan, mantan Gubernur Jawa Barat Letjen TNI (Purn) H Mashudi, Jenderal TNI (Purn) Moch Yogie, Laksda Udara Noor Tanio.

Selain itu, dia juga melakukan tabur bunga di makam Sulaiman yang merupakan mantan Danlanud Margahayu, dan makam mantan Dubes RI untuk Arab Saudi Aang Kunaefi.

Saat tabur bunga ini, Jokowi ditemani oleh beberapa pejuang veteran dari LVRI. Para pejuang senior itu tampak kompak mengenakan pakaian seragam berwarna cokelat.

Jokowi juga sempat bertemu dengan beberapa keluarga dari para pejuang yang telah wafat.

Saat tabur bunga, Jokowi dan para veteran berdoa di pusara makam untuk arah para pahlawan. Jokowi juga ditemani oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Usai tabur bunga, Jokowi mengisi buku tamu. Selanjutnya, sesaat hendak meninggalkan lokasi acara, Jokowi langsung ‘diserbu’ beberapa tamu, peserta dan pihak keluarga pahlawan yang hadir dalam prosesi tersebut untuk berfoto bersama.

Selanjutnya, Jokowi langsung menuju Gedung Sate di Kota Bandung. Dia akan melakukan kegiatan bersepeda bersama para veteran dan warga dalam kegiatan ‘Bandung Lautan Sepeda’.