Utang Jaminan Foto Bugil Dengan Bunganya 30% per Minggu di China

Utang Jaminan Foto Bugil Dengan Bunganya 30% per Minggu di China

Foto: Ilustrasi

Sipayo.com – Rentenir jahat di China tak hanya mengancam yang milenial berutang dengan menyebarkan foto bugil mereka bila tak melunasi utangnya. Mereka juga mencekik debitur dengan bunga selangit. Buset!

Fenomena ini sudah terjadi sejak 2016. Milenial di China yang ingin memenuhi kebutuhan namun punya keterbatasan finansial dan akses finansial yang cukup, jadi incaran rentenir ini.

Mereka menawarkan bunga yang sangat tinggi. Salah seorang korban pada koran lokal mengatakan bahwa dia meminjam 500 yuan dengan bunga hingga 30% per minggu. Syarat dia dapat utang itu adalah dengan mengirimkan foto selfie sambil memegang kartu identitas. Uangnya, ditransfer ke rekening dia.

Si rentenir kemudian menakut-nakuti Li bahwa foto bugilnya akan disebar online.

Southern Metropolis Daily melaporkan bahwa pinjaman semacam itu berkisar di angka 500 sampai 5.000 yuan dan bunganya. Tingkat bunga ini jauh lebih tinggi dibanding ketetapan bunga pinjaman untuk pribadi di China yang sebesar 24% per tahun.

Si pemberi utang mengkonfirmasi soal syarat foto bugil itu. Perkara besaran bunga, mereka mengatakan sudah ada kesepakatan soal itu dengan debitur atau peminjam.