Fadli Zon Bela Bahar bin Smith, Perindo Sebut Salah Alamat

Fadli Zon Bela Bahar bin Smith, Perindo Sebut Salah Alamat

Foto: Istimewa

Sipayo.com – Fadli Zon menyebut penahanan Bahar bin Smith adalah bentuk kriminalisasi ulama dan ketidakadilan hukum. Pernyataan itu disampaikan Fadli Zon melalui akun media sosialnya di Twitter.

“Penahanan Habib Bahar Smith ini bukti kriminalisasi ulama dan diskriminasi hukum di Indonesia,” cuitnya.

Fadli kemudian menuding jika penahanan terhadap Bahar mengindikasikan hukum di Indonesia telah menjadi alat kekuasaan pemerintah.

“Hukum telah dijadikan alat kekuasaan, alat menakuti oposisi dan suara kritis. Selain itu tentu tindakan penahanan ini ancaman terhadap demokrasi. Kezaliman yang sempurna. #rezimtanganbesi,” ujarnya.

Wakil Sekjen DPP Partai Perindo, Abdul Kholiq Ahmad menegaskan, pernyataan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon yang menyebut penahanan Habib Bahar bin Smith sebagai bentuk kriminalisasi ulama adalah offside dan salah alamat.

Habib Bahar bin Smith diketahui memang sudah ditahan penyidik Polda Jawa Barat atas dugaan penganiayaan terhadap dua remaja berinisial CAJ (18) dan MKUAM (17).

“Penyebutan kriminalisasi ulama terhadap kasus ini salah alamat. Ini sikap pembelaan yang sangat membabi buta tanpa mau melihat fakta,” kata Abdul Kholiq kepada wartawan, Kamis (20/12/2018).

Kholiq menjelaskan, dari video yang tersebar di media sosial yang diduga dilakukan Bahar bin Smith, jelas hal itu adalah tindakan kriminal. Sehingga, menurutnya, adalah tepat apabila kepolisian langsung menetapkan Bahar sebagai tersangka dan melakukan penahanan.

“Jelas tindakan itu kriminal berupa penganiyaan terhadap anak di bawah umur,” ujarnya.

Dengan begitu, menurut Kholiq, pembelaan Fadli Zon terhadap Bahar adalah sebuah ilusi dan fiksi. Pasalnya, Indonesia adalah negara hukum yang tidak memandang siapapun.

“Realitanya, seseorang yang melakukan tindak kriminal siapapun, dia bergelar apapun, dia harus dipidana sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku,” tandasnya.

Diketahui, usai penetapan tersangka dan ditahan, video diduga Bahar Bin Smith menganiaya santinya viral di media sosial Twitter. Pria yang dari belakang seperti Bahar bin Smith melakukan aksi penganiayaan terhadap seorang anak.

Video penganiayaan terhadap remaja yang diduga dilakukan Bahar bin Smith itu telah diretweet sebanyak 1.400 kali dan dikomentari 350 lebih netizen.