Palaku Perusak Atribut PD dan PDIP di Pekanbaru Ditahan Polisi

Palaku Perusak Atribut PD dan PDIP di Pekanbaru Ditahan Polisi

Foto: Baliho Demokrat Dirusak di Pekanbaru

Sipayo.com – Polisi telah menangkap tiga pelaku perusakan atribut. Mereka kini ditahan karena ancamannya 5 tahun penjara.

“Terkait dengan perusakan bendera sebuah partai tertentu, baliho sebuah partai tertentu. Dan saya anggap ini sudah selesai,” kata Kapolda Riau Irjen Widodo Eko Prihastopo kepada wartawan di Mapolda Riau, Jl Sudirman, Pekanbaru, Senin (17/12/2018).

Menurutnya, ketiga tersangka diamankan di dua lokasi berbeda.

“Dari dua TKP (Jl Sudirman dan di Kecamatan Tenayan Raya), kita sudah menetapkan tiga tersangka. HS di Jl Sudirman (atribut Demokrat), KS dan MW (atribut PDI Perjuangan) untuk di Tenayan Raya. Sudah perintahkan penyidikan untuk segera diserahkan ke penuntut umum. Dengan harapan kasus seperti ini tidak berulang lagi di Pekanbaru khususnya, dan seluruh kabupaten wilayah yang ada di Riau. Kita anggap masalah ini sudah selesai, karena kita sudah melakukan penyelidikan dan penyidikan, sedang berjalan dan kita lakukan penahanan. Karena ancaman hukuman 5 tahun, dapat dilakukan penahanan,” kata Widodo.

Kapolda mengingatkan masyarakat atar tidak mudah terprovokasi baik melalui media sosial atau pemberitaan hoax.

“Waspada, cermat, dan pandai masyarakat melihat pemberitaan ini bisa dipertanggungjawabkan atau bohong belaka,” kata Widodo.

Terkait masalah motif perusakan, Widodo menjelaskan, hanya sekadar menerima upah dari seseorang.

“Motifnya (HS) karena dijanjikan dibayar Rp 150 ribu, itu saja. Tidak ada motif-motif yang lain,” kata Widodo.

Dia menjelaskan, tersangka HS melakukan perusakan karena disuruh seseorang. Pihaknya masih dalam penyelidikan untuk mencari orang yang menyuruh HS.

“Itu masih dalam penyelidikan. Jadi dijanjikan, kamu melakukan ini dibayar Rp 150 ribu. Tetapi uangnya belum diterima (HS). Tidak ada motif lain, hanya sekedar motif begitu saja,” kata Widodo.

Sebagaimana diketahui, atribut PD yang ada di Jl Sudirman Pekanbaru dirusak dan dibuang ke parit. Diduga, pelakunya adalah HS. Di hari sama, dua pelaku perusakan atribut PDI Perjuangan juga diamankan di Kecamatan Tenayaran Raya.