Dandim 0209/LB Beri Pengarahan Netralitas TNI dalam Pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019

Dandim 0209/LB Beri Pengarahan Netralitas TNI dalam Pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019

Sipayo.com – Dalam Pelaksanaan Pileg dan Pilpres Dandim Letkol Inf Santoso berikan pengarahan terhadap personil Gabungan di jajaran Kodim agar netralitas dalam Pileg dan Pilpres tahun 2019. Agenda tersebut dilaksanakan pada Selasa (29/1/2019) di aula Abdi Karya Manunggal, Jalan Abdul Aziz, Kelurahan Padang Matinggi ,Kecamatan Rantau Utara,Kabupaten Labuhanbatu sekitar pukul 09.10 WIB.

Kata Santoso, setiap Prajurit tidak dibenarkan mendukung salah satu Pasangan Calon Legislatif maupun Calon Presiden. Netral artinya tidak berpihak, tidak ikut atau tidak membantu salah satu pihak.

“Berdasarkan STR Panglima TNI nomor STR : 322/2016 tanggal 26 September 2016 Setiap Prajurit yang menjadi Calon Legislatif, Calon Kepala Daerah harus mengundurkan diri (pensiun) dari Dinas Keprajuritan,” kata Santoso.

Dikatannya,TNI Tidak menjadi anggota KPU, tidak menentukan peserta Pemilu, tidak menjadi Anggota PPS dan KPPS. Prajurit TNI juga menurutnya dilarang memberikan komentar, penilaian mendiskusikan, pengarahan apapun berkaitan dengan kontestan Pileg dan Pilpres 2019, baik kepada keluarga ataupun masyarakat.

Selanjutnya, Prajurit TNI dilarang secara perorangan/fasilitas berada di arena tempat penyelenggaraan Pileg dan Pilpres 2019. Tugas TNI mengamankan Penyelenggaraan Pemilu dengan aman dan tertib.

Ditambahkannya, larangan bagi TNI Memberikan pengarahan, penilaian, komentar, diskusi berkait dgn Pileg dan Pilpres 2019.secara perorangan/fasilitas berada di tempat penyelenggaraan Pileg dan Pilpres 2019.

“Kemudian, tidak diperbolehkan juga menyimpan atau menempel atribut atau benda menggambarkan Caleg dan Pileg di instansi dan peralatan milik TNI. Berada di tempat pemungutan suara TPS, tidak ikut serta berkontemporer dan tidak ikut penyelenggaraan Pemilu untuk kandidat tertentu,” ujarnya.

Lalu, tidak boleh pula memberikan atau mengarahkan secara resmi atau mempengaruhi keputusan KPU. Menyambut dan mengantar peserta Pileg dan Pilpres 2019.Dan Memberikan mobilisasi orgas sosial, agama dan ekonomi utk kepentingan Caleg dan Parpol,”Sebut Santoso.

Dalam pengarahan yang diberikan oleh Dandim, turut hadir Subdenpom Rantauprapat, Sundenpom Cikampak, Kompi Senapan C dan B Yonif 126/KC, serta Personil Minvedcad Labuhanbatu.(Abi)