Ini 10 Manfaat Tertawa yang Tidak Banyak Disadari

Ini 10 Manfaat Tertawa yang Tidak Banyak Disadari

 

Sipayo.com – Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang, kalimat lelucon tersebut telah akrab ditelinga yang artinya mengajak semua orang untuk melupakan masalah sejenak dengan tertawa karena suatu hal yang lucu.
Hal ini benar, karena mungkin tertawa menjadi salah satu ekspresi kegembiraan yang muncul dari setiap orang. Selain dapat membuat orang lebih awet muda, tertawa menjadi salah satu obat terbaik untuk semuanya, baik itu secara fisik maupun mental.
Berikut ini 10 manfaat tertawa untuk kesehatan yang tidak banyak  disadari :

1. Melindungi jantung

Orang yang sering tertawa secara teratur memiliki tekanan darah lebih rendah daripada rata-rata orang. Ketika orang tertawa, pada awalnya tekanan darah akan meningkat, namun kemudian menurun ke tingkat di bawah normal di mana ini berguna untuk melindungi jantung.

2. Menurunkan berat badan

Tertawa juga merupakan latihan fisik yang sangat baik. Bisa membakar kalori, dan meningkatkan detak jantung dan mempercepat metabolisme. Jika Anda sedang berdiet, cobalah untuk tertawa. Anda bisa mencobanya dengan menonton sitkom yang akan membuat Anda tertawa selama 20 menit atau lebih.

3. Meningkatkan pernapasan

Tertawa bisa mengosongkan paru-paru Anda dari banyak udara daripada yang diperlukan sehingga dapat memberikan efek pembersihan. Ini sangat membantu bagi orang yang menderita pernapasan seperti asma.

4. Latihan internal

Tertawa ternyata juga dapat membuat otot lebih rileks, memberikan latihan yang baik untuk jantung. Tertawa sebanyak 100 kali setara dengan 10 menit di mesin dayung atau 15 menit bersepedah.

5. Manfaat sosial dari tertawa

Tertawa itu menular, jadi jika Anda tertawa lebih banyak ada kemungkinan Anda dapat membantu orang lain di sekitar anda lebih banyak tertawa juga. Dengan meningkatkan suasana hati orang-orang di sekitar Anda, bisa mengurangi tingkat stres mereka, dan mungkin meningkatkan kualitas interaksi sosial yang Anda alami dengan mereka.

Semakin Anda banyak tertawa bersama orang lain, semakin besar kemungkinan Anda akan dikenang karena energi dan perasaan positif yang Anda bawa. Bahkan hubungan intim pun akan meningkat dengan tertawa, dan akan mengarah ke lebih banyak kebahagiaan dan hubungan yang menyenangkan.

6. Tingkatkan hubungan Anda

Jika Anda mencari pasangan baru, maka tawa akan membantu Anda menemukan pasangan baru. Pria mencintai wanita yang tertawa dihadapan mereka, dan wanita tertawa 125% lebih banyak daripada pria. Jika Anda sudah bersama seseorang, maka selera humor yang sama adalah faktor penting dalam menjaga hubungan Anda berlajaln lancar.

7. Mengurangi depresi

Tertawa telah lama diketahui dapat membantu orang yang menderita depresi berat. Tertawa mengurangi ketegangan dan stres, dan menurunkan kecemasan. Dalam sebuah penelitin yang diterbitkan di Geriatrics dan Gerontology International ditemukan bahwa terapi tawa dapat mengurangi depresi pada pasien lanjut usia dengan mendorong perasaan kesejahteraan dan meningkatkan interaksi sosial mereka.

8. Meredakan nyeri

Selain mengurangi depresi ternyata tertawa dapat mengurangi rasa sakit. Tidak hanya itu, tetapi juga melepaskan endorfin yang terasa enak kedalam sistem Anda yang lebih kuat daripada jumlah morfin yang sama.

Sebuah penelitian di Inggris menunjukkan bahwa tertawa selama 15 menit dapat meningkatkan toleransirasa sakit sekitar 10% sebagai hasil dari endorfin yang dilepaskan di otak. Endorfin ini menyebabkan sesuatu yang mengarah ke perasaan tenang yang menyenangkan, serta penghilang rasa sakit sementara.

9. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Para peneliti menemukan bahwa sebenarnya tertawa dapat meningkatkan sistem kekebakan tubuh, meningkatkan jumlah sel T yang memproduksi antibodi. Selain itu juga menurunkan tingkat setidaknya empat hormon yang berhubungan dengan stres.

10. Hidup lebih lama

Menurut beberapa peneliatian terbaru yang dipublikasikan di Archivesof General Psychiatry, orang tua yang optimis, mereka yang mengharapkan hal-hal baik akan terjadi, lebih kecil kemungkinannya meninggal daripada orang pesimis.