Survei Indikator: 40,5 Persen Pemilih Partai Demokrat Dukung Jokowi

Survei Indikator: 40,5 Persen Pemilih Partai Demokrat Dukung Jokowi

Sipayo.com – Lembaga survei Indikator merilis hasil survei terkait pemilih dari parpol yang memberikan suara kepada pasangan calon yang bukan diusung partainya (split ticket voting). Sebagai hasilnya pemilih Partai Demokrat, PPP dan Berkarya palingbanyak yang split voters.

Dari pertanyaan yang diajukan Indikator, yaitu ‘jika pemilihan presiden diadakan sekarang siapa yang akan Ibu/Bapak pilih sebagai presiden?”. Hasilnya, PDIP menjadi partai paling solid mendukung pasangan Joko Widodo – Ma’ruf Amin, sementara PPP menjadi partai yang mengalami split ticket voting tersebar.

“Secara umum, partai-partai yang berada di koalisi pendukung Jokowi-Ma’ruf masih banyak yang mendukung pasangan ini, di atas 50 persen. Akan tetapi memang ada variasinya itu masing-masing partai. PDIP 90,1 persen mendukung Jokowi-Ma’ruf sementara 6 persen mendukung Prabowo-Sandi. PPP mengalami split ticket voter paling besar, 53,7 persen mendukung Jokowi-Ma’ruf sementara 43,2 persen mendukung Prabowo-Sandi,” kata peneliti Senior Indikator Rizka Halida di kantornya, Jalan Cikini V, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (23/1/2019).

Berikut ini persentase konstituen partai Koalisi Indonesia Kerja yang memilih Prabowo-Sandi:

PDIP: 6,0 persen
Partai Golkar: 31,2 persen
PKB: 27,0 persen
Partai NasDem: 27,8 persen
PPP: 43,2 persen
Partai Hanura: 39,6 persen
Partai Perindo: 27,9 persen
PSI: 8,1 persen
PKPI: 0,0 persen

Berikut ini persentase konstituen partai Koalisi Indonesia Adil Makmur yang memilih Jokowi-Ma’ruf:

Partai Gerindra: 14,1 persen
PKS: 21,1 persen
PAN: 26,0 persen
Partai Demokrat: 40,5 persen
Partai Berkarya: 42,1 persen

Survei dilakukan pada 16-26 Desember 2018 terhadap 1.220 responden, populasinya seluruh warga yang memiliki hak pilih. Survei dilakukan menggunakan metode multistage random sampling. Margin of error survei +/- 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.