Ini 5 Cara Sederhana yang Ampuh Cegah Flu

Ini 5 Cara Sederhana yang Ampuh Cegah Flu

 

Sipayo.com – Cuaca yang tak menentu seringkali menjadi penyebab munculnya berbagai jenis penyakit, terutama flu. Sedikit saja daya tahan tubuh menurun, maka gejala-gejala flu akan mudah menyerang. Umumnya tenggorokan akan terasa sakit, hidung tersumbat, pusing, batuk, dan demam.
Maka dari itu, sangat penting menjaga kesehatan tubuh agar tetap bugar. Rutin olahraga dan konsumsi makanan sehat akan menjauhkanmu dari penyakit, salah satunya flu. Selain makan dengan teratur dan tepat, istirahat cukup, ada beberapa cara untuk membuat tubuh jadi lebih kuat dan tahan terhadap flu.
Berikut inilah beberapa cara atasi flu :
1. Kumur air garam
Berkumur air garam diklaim bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh untuk mencegah flu.

Caranya, ambil setengah sendok teh garam dan masukkan ke dalam satu gelas air hangat. Ketika tenggorokan terasa mulai gatal, mulailah untuk berkumur beberapa kali sehari. Namun setidaknya untuk pencegahan, berkumurlah sebelum tidur dan setelah bangun tidur.

Cara ini tak cuma meringankan gejala sakit tenggorokan tapi juga bisa menghilangkan kuman-kuman di mulut.

2. Makan bawang putih mentah

Sudah sejak lama bawang putih mentah dikenal sebagai antioksidan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Namun Anda harus tahan dengan rasa bawang yang sedikit langu dan juga aromanya yang kuat.
3. Minum banyak air
Salah satu kunci untuk menjaga sistem imun tubuh dan juga mencegah flu adalah dengan hidrasi tubuh yang cukup.

Jika bosan hanya dengan minum air putih biasa, Anda bisa menghidrasi tubuh dengan menggunakan air jeruk lemon. Ini juga akan menambahkan kadar vitamin C dalam tubuh.

4. Tidur lebih awal

Tak dimungkiri kalau istirahat cukup akan membantu sistem imun lebih kuat. Tunda semua rencana bepergian Anda yang tak terlalu penting dan pulang dan tidurlah lebih awal. Jangan lupa seimbangkan dengan minum air yang banyak.
5. Bersihkan ponsel
Sudah bukan rahasia kalau ponsel adalah salah satu biang kerok dan sumber kuman serta bakteri.

Apalagi kalau ponsel Anda ternyata kerap dipakai orang lain juga. Bersihkan layar ponsel Anda sesering mungkin. Jika memungkinkan bawalah hand sanitizer bersama Anda.