Ini 8 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Hati

Ini 8 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Hati

 

Sipayo.com – Hati merupakan salah satu organ dalam tubuh manusia yang berperan penting dalam sistem pencernaan manusia. Namun, bukan berarti hati hanya berguna dalam proses asupan makanan saja.
Hati juga memproduksi kolesterol yang dibutuhkan oleh tubuh. Kebutuhan kolesterol tubuh dipenuhi oleh organ hati, jadi sebenarnya kita tidak perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol. Tidak hanya itu saja, organ hati juga berguna dalam proses penyaringan.
Salah satu metode yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan dan juga fungsi organ hati ialah melalui asupan makanan. Beberapa jenis makanan mengandung zat gizi dan juga nutrisi penting yang berguna menjaga kesehatan organ hati sekaligus meringankan kinerja hati sehingga tetap sehat.
Berikut inilah beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan kesehatan organ hati :
1. Oatmeal
Makanan dengan banyak serat bisa membantu kerja hati semakin baik. Oatmeal bisa mengurangi beberapa lemak di perut yang merupakan cara terbaik mencegah penyakit hati.

2. Brokoli

Kesehatan hati bisa dimulai dengan mengonsumsi banyak sayuran. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sayuran ini bisa melindungi dari penyakit hati berlemak. Brokoli bisa direbus atau dipanggang.

3. Kopi

Studi menunjukkan minum dua hingga tiga cangkir kopi sehari dapat melindungi hati dari kerusakan. Dosis ini juga dapat menurunkan risiko kanker hati.

4. Teh hijau

Teh hijau kaya akan antioksidan. Ini dapat melindungi terhadap beberapa kanker termasuk kanker hati. Konsumsi teh dalam keadaan panas agar bisa mendapatkan manfaat maksimal.

5. Air

Biasakan minum air putih karena ini bisa menjaga berat badan yang sehat serta mengurangi kalori dalam tubuh.

6. Kacang almond

Almond tinggi kandungan vitamin E yang bisa melindungi diri terhadap penyakit hati berlemak. Ini juga baik untuk jantung.

7. Bayam

Sayuran hijau memiliki antioksidan kuat yang disebut glutathione. Ini dapat membantu menjaga hati agar bekerja dengan baik. Bayam bisa ditumis dengan bawang putih dan minyak zaitun.

8. Blueberi

Kandungan polifenol dalam blueberi bisa bantu melindungi tubuh dari penyakit hati berlemak, obesitas dan kolesterol tinggi. Selain blueberi, kamu juga bisa mengonsumsi cokelat hitam.