Mahasiswa Karo UMA Gelar Latihan Kepemimpinan di Deli Serdang

Mahasiswa Karo UMA Gelar Latihan Kepemimpinan di Deli Serdang

Sipayo.com – Melatih jiwa kepempinan alamiahnya dilakukan dengan cara melakukan kerja atau praktik. Atas hal itu, puluhan Mahasiswa Karo Universitas Medan Area (UMA) yang tergabung di dalam Imka Arih Ersada mengadakan bakti sosial di Desa Bandar Kuala, Kecamatan Bangun Purba, Deli Serdang (2/2/2019) kemarin.

Bakti sosial yang diisi berbagai kegiatan seperti melaksanakan pendidikan berkarakter bagi pelajar SD GKPS Bandar Kuala, bergotong royong bersama masyarakat dan mengeskplorasi potensi daerah Desa Bandar Kuala yang dilakukan selama 3 hari berturut-turut.

Meski persiapan bakti sosial ini hanya satu bulan dan bertepatan dengan pekan Ujian Akhir Semester (UAS) di kampus tak membuat niat Mahasiswa Karo UMA surut untuk memakasimalkannya dengan cara pembagian tugas dan saling toleransi agar kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik.

“Pada prinsipnya bakti sosial ini dilaksanakan dengan tujuan mendesain teman-teman Mahasiswa Karo UMA untuk menjadi pemimpin dengan kompetensi dan mengerti pentingnya bersosialisasi dengan masyarakat. Melalui bakti sosial Mahasiswa Karo dapat timbal balik langsung dengan masyarakat dan membagikan sedikit ilmu yang didapatkan dari bangku perkuliahan,” tutur Ketua Panitia Bakti Sosial IMKA 2019, Putra Pratama Sitepu.

Hal Serupa juga diucapkan oleh Rizkika Al Zahra Saragih selaku Sekjen IMKA Arih Ersada UMA didamping oleh senioran Julita Erischa bangun. “Program ini merupakan salah satu program kerja Imka Arih Ersada UMA dengan tujuan menciptakan kaderisasi yang siap kedepan dan bahkan sangat besar kegunaannya ketika terjun nantinya ketengah masyarakat pasca selesai dari bangku perkuliahan,” ujar Rizkika.

Kegiatan yang disetujui dan dan dijinkan oleh Kepala Desa Bandar Kuala, Rudi Wardensius Sinaga di wilayah pemerintahannya ini juga turut mengaku antusias atas kegiatan yang dilaksanakan Mahasiswa Karo UMA.

“Saya sangat senang dengan kehadiran mahasiswa-mahasiswi Karo di desa ini. Kehadiran mahasiswa yang turun dalam suatu kegiatan di Desa Bandar Kuala. Kami harapkan selaku pemerintahan desa, kegiatan ini mampu meningkatkan hal positif terhadap dunia pendidikan, bagi masyarakat desa, serta menumbuhkan jiwa sosial kepemimpinan di desa ini,” ucapnya.

Rudi Sinaga turut menambahkan bahwa Desa Bandar Kuala terbuka untuk mahasiswa manapun untuk datang dan melaksanakan kegiatan serupa, apalagi hal tersebut dinilainya sangat positif baik bagi kalangan mahasiswa sendiri maupun bagi masyarakat desa.