Perut Suka Kembung? Ini 6 Makanan yang Wajib Harus Dihindari

Perut Suka Kembung? Ini 6 Makanan yang Wajib Harus Dihindari

 

Sipayo.com – Bagi Anda yang pernah mengalami perut kembung, perut pasti akan terasa tidak nyaman. Kondisi ini terjadi karena adanya akumulasi gas dalam lambung serta usus Anda. Akibatnya, perut akan terasa kenyang, sesak dan membesar, meski tidak sedang mengonsumsi asupan dalam porsi berlebih.
Fenomena perut kembung ditimbulkan oleh beragam penyebab seperti stres, konsumsi obat, makan terlalu banyak hingga terburu-buru, dehidrasi, merokok, dan lain-lain.
Namun yang paling sering terjadi biasanya perut kembung dipicu dari kesalahan mengonsumsi makanan atau minuman dengan kandungan-kandungan yang mampu meningkatkan akumulasi gas dalam tubuh. Dari segi asupan, Anda juga perlu memperhatikan apa yang boleh dan tepat untuk dikonsumsi.
Berikut ini 6 makan yang wajib dihindari ketika mengalami perut kembung :

1. Kubis-kubisan

Kubis-kubisan seperti brokoli, kembang kol, kale, wortel, dan asparagus merupakan jenis makanan yang dapat menyebabkan penumpukan gas di saluran cerna. Selain itu, jenis sayuran tersebut juga mengandung raffinose, yaitu gula yang sulit dicerna.

Jadi, jika Anda mengonsumsi kubis-kubisan, apalagi saat perut sedang begah, keluhan bisa jadi semakin parah.

2. Apel

Perut sedang begah? Jika ya, sebaiknya urungkan niat Anda untuk mengonsumsi buah apel. Faktanya, apel mengandung jenis gula alami yang tergolong sulit untuk diserap oleh saluran cerna.

Selain apel, nanas, pir, anggur, dan mangga juga mengandung gula yang sulit dicerna. Karenanya, buah-buahan tersebut juga berpotensi menyebabkan dan memperparah keluhan perut kembung.

3. Susu dan produk olahannya

Susu, keju, yoghurt, dan produk olahan sejenis mengandung laktosa di dalamnya. Jika Anda adalah penderita intoleransi laktosa, jenis makanan tersebut tidak dapat dicerna dengan baik sehingga memicu keluhan perut kembung.

4. Cokelat

Cokelat meningkatkan peregangan di lambung, sehingga dapat meningkatkan produksi asam lambung. Alhasil, terjadinya perut kembung atau begah tak bisa dihindari lagi.

5. Gandum

Makanan yang terbuat dari gandum memiliki kadar serat tinggi, sehingga dapat menyebabkan perut kembung atau begah.

6. Minuman bersoda

Minuman bersoda mengandung gelembung-gelembung udara yang dapat terperangkap di dalam saluran cerna. Hal itulah yang dapat meningkatkan kadar gas dalam usus, sehingga perut terasa kembung dan begah.

Makanan-makanan di atas berpotensi lebih tinggi untuk menyebabkan perut kembung, khususnya jika Anda berada pada kondisi stres, mengonsumsinya secara berlebihan atau terlalu cepat.