WhatsApp Lakukan Perbaruan untuk Perbaiki Fitur TouchID yang Bisa Dibobol

WhatsApp Lakukan Perbaruan untuk Perbaiki Fitur TouchID yang Bisa Dibobol

 

Sipayo.com – Aplikasi pesan WhatsApp telah meluncurkan perbaruan untuk memperbaiki bug yang memungkinkan orang masuk ke aplikasi tanpa verifikasi FaceID atau TouchID, khususnya pada iPhone.

Dengan pembaruan versi 2.19.22, WhatsApp menyebut telah memperbaiki bug tersebut. Namun, WhatsApp belum memberikan detil lebih lanjut apakah pembaruan aplikasi itu juga memasukkan fitur baru dalam keterangannya di App Store.

Pekan lalu, pengguna Reddit menemukan bahwa autentifikasi biometrik untuk WhatsApp bisa diterabas meski pengguna telah mengaktifkan pengamanan menggunakan TouchID atau FaceID.

Pengamanan ini tidak berfungsi jika pengguna memilih untuk mengunci WhatsApp dengan interval waktu 1 menit, 15 menit, dan 1 jam, setelah aplikasi tak digunakan. Fitur pengamanan ini hanya berlaku pada untuk pilihan penguncian segera.

WhatsApp lantas mengakui adanya bugpada aplikasi mereka itu dan berjanji melakukan pembaruan, seperti tertulis dalam pernyataannya kepada Gadget 360. Setelah dicoba, dengan pembaruan ini, fitur penguncian dengan interval waktu yang lebih lama bisa berfungsi.

Awal Februari lalu, WhatsApp telah meluncurkan fitur bagi pengguna iPhone agar mereka bisa mengamankan akun mereka dengan TouchID atau FaceID. Fitur ini bisa diaktifkan dengan memilih Setting> Akun> Keamanan> Privasi> Pengunci Layar. Setelah itu, aktifkan pilihan mengunci dengan TouchID atau FaceID dan akan muncul pilihan untuk mengunci segera, setelah 1 menit, 15 menit, atau 1 jam.

Selain itu, bug ini juga muncul ketika pengguna hendak membagikan foto atau file ke WhatsApp. Alih-alih meminta autentifikasi, pengguna bisa dengan leluasa masuk ke WhatsApp begitu saja.

Saat ini fitur pengamanan ini belum tersedia untuk layanan Android. Sehingga, bug ini tidak berpengaruh bagi pengguna WhatsApp di Android, seperti dilansir dari Times of India.