Ini 4 Makanan Sehat yang Berbahaya Jika Dikonsumsi Secara Berlebihan

Ini 4 Makanan Sehat yang Berbahaya Jika Dikonsumsi Secara Berlebihan

Foto : Ilustrasi

Sipayo.com – Sebagian besar orang tentunya sudah mengetahui bahwa mengkonsumsi gorengan dan makanan manis secara berlebihan dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Akan tetapi, mengkonsumsi makanan sehat secara berlebihan ternyata juga berbahaya bagi kesehatan.

Namun, bukan berarti Anda harus berhenti mengkonsumsi beberapa jenis makanan sehat tersebut, Anda hanya perlu mengurangi jumlah konsumsinya. Di bawah ini Anda dapat melihat beberapa jenis makanan sehat yang sebaiknya tidak Anda konsumsi secara berlebihan.

1. Selai Kacang
Selai kacang merupakan makanan lengkap yang memiliki banyak manfaat. Selai kacang memiliki kandungan asam lemak yang cukup tinggi yang berguna untuk perkembangn otak, sla kacang juga tinggi protein yang berguna sekali untuk perkembang sel dalam tubuh.
Namun, selai kacang tidak baik jika dikonsumsi terlalu banyak. Selai kacang memiliki kandungan kalori yang amat tinggi apabila dimakan terlalu banyak berpotensi membuat Anda kelebihan kalori sehingga bisa memicu obesitas hingga diabetes.
2. Teh hijau
Teh hijau memang kaya antioksidan yang sangat berguna sekali untuk mencegah penuaan hingga kanker. Namun sebaiknya hindari meminum teh hijau terlalu banyak setiap hari, kandungan kafein dalam teh hijau bisa memicu rasa cemas tinggi, bahkan bisa memicu jantung berdebar-debar tidak jelas.
3. Kedelai
Kedelai memang sangat tinggi kandungan proteinnya, biasanya kedelai sering dibuat menjadi tempe hingga tahu. Namun sebaiknya jangan terlalu banyak mengkonsumsi kedelai karena bisa memicu ppeningkatan prduksi hormon estrogen dalam tubuh. Sedangkan peningkatan hormon estrogen dikaitkan erat dengan pemicu awal kanker payudara.
4. Buah Kering
Buah kering merupakan makanan enak yang mudah didapatkan, apalagi buah kering mengandung serat tinggi yang sangat diperlukan tubuh. Namun disisi lain buah kering jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih bisa memicu masalah diabetes, buah kering diketahui memiliki kandungan gula yang sangat tinggi.